Advertisement

Yeremias Yosef Sere
20 Des 2020, 19.35 WIB
News

DPC GMNI Sikka Lantik 94 Anggota Baru Angkatan XIV

Anggota Baru GMNI Cabang Sikka Angkatan XIV, berpose bersama usai mengikuti kegiatan pelantikan yang diselenggarakan oleh DPC GMNI Sikka. (Foto: Yeremias Y. Sere)


Flores Timur, Floreseditorial.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sikka melantik 94 Anggota Baru Angkatan XIV. Pelantikan tersebut berlangsung sebanyak dua kali, di mana pelantikan pertama dilaksanakan di Kabupaten Sikka, pada Selasa (15/12/2020), sedangkan pelantikan kedua dilaksanakan di Kabupaten Flores Timur (Flotim), pada Sabtu (19/12/2020).

Sebelumnya, 94 Anggota Baru tersebut sempat mengikuti kegiatan Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) yang diselenggarakan DPC GMNI Sikka selama tiga hari, berlangsung dari tanggal 29 hingga 31 Oktober 2020, bertempat di Dian Desa, Wairita, Desa Wairbleler, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka.

Kepada floreseditorial.com, Ketua DPC GMNI Sikka, Alvianus L. Ganggung, mengatakan, GMNI Sikka melantik 94 Mahasiswa sebagai Anggota Baru Angkatan XIV, dan dilaksanakan di dua lokasi dengan waktu yang berbeda. Hal ini, lanjutnya, dikarenakan 94 Anggota Baru tersebut terdiri dari 67 Mahasiswa asal GMNI Sikka dan 27 Mahasiswa lainnya merupakan Anggota Baru Cabang Persiapan GMNI Flotim.

"Jadi, 67 Anggota Baru dari GMNI Sikka dilantik di Aula Hotel Permata Sari, Maumere, Kabupaten Sikka, pada tanggal 15 Desember 2020. Sedangkan 27 Anggota Baru dari Cabang Persiapan GMNI Flotim, dilantik di Balai Desa Lewoloba, Kecamatan Ile Mandiri, Kabupaten Flotim, pada tanggal 19 Desember 2020," terangnya.

Ia menjelaskan, pelantikan 27 Anggota Baru Angkatan XIV GMNI Sikka yang berasal dari Cabang Persiapan Flotim merupakan sebuah peristiwa bersejarah bagi pihaknya. Di mana, kata Dia, 27 orang tersebut merupakan Angkatan Pelopor dari pembentukan Cabang Caretaker GMNI Flotim nantinya. Menurutnya, pelantikan 27 Anggota Baru itu akan menjadi harapan baru bagi pihaknya, yang siap menjadi Kader GMNI Flotim, demi menjalankan roda organisasi ke depannya ketika sudah memperoleh legitimasi hukum nantinya.

"Menjadi Kader Pejuang Pemikir - Pemikir Pejuang, harus betul-betul peka terhadap setiap persoalan di daerah, terkhususnya di bumi Sikka dan Flotim, maupun secara nasional. Karena itu merupakan bentuk kontribusi Kader dalam mengimplementasikan Ikrar Prasetya Korps Pejuang Pemikir - Pemikir Pejuang," ungkapnya.

Senada, Sekretaris GMNI Sikka, Mario Oscar Carmelos, menambahkan, Ikrar yang disampaikan ke 94 Anggota Baru itu merupakan Sumpah Anggota untuk menjadi Kader Nasionalis Pejuang Pemikir - Pemikir Pejuang kepada seluruh masyarakat kecil yang disebut Marhaen Indonesia dan juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ia pun mengharapkan, ke 94 Anggota Baru tersebut, baik dari GMNI Sikka maupun dari Cabang Persiapan GMNI Flotim, untuk tidak berkhianat terhadap sumpah yang sudah diikrarkan tersebut. Sebab, lanjutnya, ini merupakan bentuk pertanggungjawaban mereka semua yang sudah dipanggil 'Bung dan Sarinah' kepada Tuhan.

"Kami dari DPC GMNI Sikka dengan bantuan Panitia PPAB, sangat bangga dan bahagia karena bisa melahirkan Anggota Baru GMNI Sikka pada Angkatan XIV ini. Dan upaya pembentukan GMNI Cabang Flotim juga sudah mulai terjawabi. Kedepannya, kita akan membuat Surat Permohonan dan Surat Keputusan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk segera menerbitkan SK Cabang Caretaker, sehingga roda organisasi GMNI Flotim bisa segera berjalan," tukasnya.

Tak lupa, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak PA GMNI Sikka, PA GMNI Flotim, dan PA GMNI Lembata, atas dukungan moril dan materilnya terhadap kesuksesan program tersebut. Rasa terima kasih itu juga disampaikan kepada Pemda Sikka yang sudah membantu dengan caranya sendiri untuk menyukseskan kegiatan itu di Nian Tanah Sikka, dan kepada Pemda Flotim yang sudah mendukung penuh terhadap berdirinya GMNI Flotim di Nagi Tanah.

Sementara itu, dua anggota yang baru dilantik yakni, Oktaviana Lelu Atasoge dan Novita Sari Moma, merasa sangat bahagia karena mereka bisa dilantik menjadi Anggota GMNI. Bagi mereka, hal itu merupakan momentum yang sangat berharga, di mana momentum itu bisa memotivasi mereka untuk belajar lebih banyak lagi dalam berorganisasi melalui wadah GMNI.

"Kami merasa senang dan bahagia, karena perjuangan kami selama ini sekitar sebulan lebih sejak PPAB, terbayar hari ini. Ini moment yang luar biasa. Banyak pelajaran yang berharga yang kami dapatkan dari para senior dan alumni selama ini, misalnya pengenalan organisasi, teknik memimpin rapat, berpidato dan masih banyak lagi hal lainnya," tutur mereka.

Keduanya yang mengenyam pendidikan di Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) Kabupaten Flotim itu pun berharap, para senior dan alumni GMNI juga tetap membimbing, mengajarkan dan memberikan motivasi buat mereka semua, agar kelak bisa berguna bagi orang tua, keluarga, sahabat, bangsa dan negara.