Advertisement

Yeremias Yosef Sere
16 Des 2020, 15.22 WIB
News

KPU Sikka Luncurkan Aplikasi JDIH

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, meluncurkan aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) kepada publik. (Foto : Ist)


Sikka, Floreseditorial.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, meluncurkan aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), bertempat di Aula Kantor KPU Sikka, pada Selasa (15/12/2020).


Peluncuran JDIH merupakan bentuk tanggung jawab pihak KPU Sikka demi memberikan akses kepada publik melalui website, untuk mendapatkan informasi produk hukum KPU, KPU Provinsi dan juga KPU Kabupaten.


Ketua KPU Kabupaten Sikka, Feri Soge, mengatakan, tujuan dibentuknya JDIH KPU Sikka, bukan hanya untuk publik saja.


“Melainkan juga bertujuan untuk Komisioner KPU dan Sekretariat KPU, agar mampu memberikan informasi hukum dalam penyelenggaraan Pemilu maupun dalam Pilkada nantinya,” katanya.


Ia menjelaskan, dasar hukum terbentuknya JDIH KPU Sikka tertuang dalam Perpres Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, Permenkumham Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum. 


Selain itu, lanjutnya, termuat juga dalam Keputusan KPU Nomor 134 Tahun 2016 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum KPU, Keputusan KPU RI Nomor 533 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan KPU, KPU Provinsi serta KPU Kabupaten/Kota.


"Tujuan pengelolaan dokumen hukum dalam JDIH adalah untuk memudahkan dalam pencarian dokumen, menjamin keselamatan dan keamanan dokumen serta kerapian dalam penyimpanan dokumen. Ini semua akan menjadi jejak digital bagi penyelengara Pemilihan Umum di waktu-waktu yang akan datang," jelasnya.


Ia menambahkan, di dalam jenis dokumen produk hukum, terdapat Dokumen Peraturan Perundang-Undangan yang meliputi, Peraturan KPU, Keputusan KPU dan Keputusan Sekretaris KPU. 


Selain itu, kata Dia, Dokumen Non Peraturan Perundang-Undangan juga meliputi, Surat Dinas/Edaran, Monografi Hukum dan Putusan Pengadilan. 


"Keterbukaan informasi publik sangat penting dilakukan di era digitalisasi ini, yang mana teknologi informasi sudah digunakan Lembaga KPU pada semua tingkatan. Jadi, semua dokumen dan informasi hukum harus dipublikasikan melalui website JDIH KPU Sikka," ungkapnya.


Sementara itu, Herimanto, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sikka,  menekankan tentang pentingnya pengelolahaan produk hukum dalam laman JDIH sebagai sarana pembangunan di bidang hukum, penyebarluasan dan pemahaman pengetahuan hukum, media pencarian dan penelusuran peraturan perundang-undangan serta dokumentasi hukum.


"Penting bagi kami untuk menyampaikan kepada publik terkait produk hukum yang kami kelolah melalui JDIH. Dengan begitu, publik mengetahui apa saja produk hukum yang kami keluarkan," terangnya.


Komisioner KPU Sikka ini juga menjelaskan, setelah terbentuknya JDIH KPU Sikka, pihaknya telah menetapkan Tim Pembina dan Tim Teknis, Prosedur Standar Operasional pengelolaan JDIH dan koleksi dokumen hukum yang sudah diunggah pada JDIH KPU Kabupaten Sikka. 


Menurutnya, dokumen hukum tersebut, tidak hanya untuk disimpan, ditata dan didokumentasi dengan baik, namun haruslah mudah dan cepat untuk diakses oleh publik.