SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Lagi, 15 Warga Manggarai Positif Covid-19

Iklan

 


Valerius Isnoho
22 Des 2020, 12.25 WIB
Covid-19

Lagi, 15 Warga Manggarai Positif Covid-19

Ilustrasi (net)


Manggarai, Floreseditorial.com
- Satuan Gugus Tugas (Satgas) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menerima hasil swab test dari Lab Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, pada Selasa (22/12/2020).


Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa, menyampaikan, terdapat penambahan 15 orang warga Manggarai yang terkonfirmasi positif covid-19, di mana 14 orang diantaranya merupakan Anggota Brimob pelaku perjalanan dari Jakarta, dan satu orang Pegawai Pajak, pelaku perjalanan dari Mataram.


"Total pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 sekarang ada 17 orang. Sekarang mereka sedang mendapatkan perawatan dan Isolasi. Dua orang di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng dan 15 orang di Wisma Atlit Stadion Golodukal," ungkapnya.


Ia juga menyampaikan, dari total 138 sampel swab test yang dikirim ke Kupang, 70 sampel swab sudah diterima hasilnya oleh Tim Satgas Covid-19. Sementara 68 sampel swab lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan.


"Ke 15 orang pasien yang terkonfirmasi positif covid-19, langsung mendapatkan perawatan dan isolasi terpusat di Wisma Atlit Stadion Golodukal. Sedangkan ketiga pasien yang sudah dinyatakan sembuh, dipulangkan ke rumah masing-masing," jelas Moa.


Diketahui, sampai saat ini, jumlah pasien covid-19 yang telah mendapatkan perawatan berjumlah 88 orang. Dari jumlah tersebut, 70 orang telah dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dunia, dan 17 orang sedang mendapatkan perawatan, di mana 15 orang mendapatkan perawatan di Wisma Atlit Stadion Golodukal dan dua orang lainnya mendapatkan perawatan intensif di Ruangan Isolasi RSUD dr. Ben Mboi.


"Tim Satgas Covid-19  Kabupaten Manggarai telah bergerak cepat dan terus menurus melakukan giat pengendalian dan pencegahan, antara lain melakukan health education, penelusuran kontak kasus, screening, pemeriksaan rapid test, serta pengambilan sampel swab dari warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien covid-19," terang Moa.


Moa mengimbau, seluruh komponen masyarakat diharapkan berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk mematuhi protokol kesehatan, dengan wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari kerumunan, dan bagi pelaku perjalanan wajib melakukan isolasi secara mandiri selama 14 hari, wajib rapid test dan swab test.


"Kepedulian, kesadaran, kewaspadaan, kepatuhan, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti pola hidup bersih dan sehat, demi masyarakat Kabupaten Manggarai yang bebas dari covid-19 adalah tanggung jawab kita bersama. Mari bersama bebaskan Kabupaten Manggarai dari bahaya dan penularan covid-19, bersama kita pasti Bisa," tutup Moa.