Advertisement

Jhonatan Raga
21 Des 2020, 21.58 WIB
News

Lantik Sepuluh Pejabat Eselon II, Bupati Nagekeo: “Jangan Biarkan Anak Buah Bertanggung Jawab Sendiri”

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, saat melantik sepuluh Pejabat Tinggi Pratama, Senin (21/12/2020). (Foto: Jhonatan Raga)


Nagekeo, Floreseditorial.com - Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, melantik Pejabat Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nagekeo, pada Senin (21/12/2020).


Selain melantik ketujuh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati Negekeo juga mengukuhkan tiga Pejabat lainnya yang sebelumnya bertugas sebagai Pelaksana Tugas (PLT) di beberapa OPD.


Bupati Nagekeo mengatakan, para Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik tersebut, telah mengikuti seleksi terbuka. 


"Sebelumnya telah diadakan seleksi terbuka dengan pelamar terbatas dari Kabupaten Nagekeo. Seleksi berlangsung sangat kompetitif. Dan beberapa nama yang dikembalikan oleh Komisi ASN adalah nama-nama yang memenuhi syarat Passing Grade," katanya.


Ia mengatakan, penentuan posisi para Pimpinan OPD ini dilakukan melalui proses penilaian formal dari assesor dan pengamatan hampir selama dua tahun.


"Pilihan saya, mereka ditetapkan berdasarkan penilaian formal dari assesor, dan juga pengamatan saya selama ini. Harapan saya, para pejabat yang dilantik hari ini menguasai betul tupoksi dan mengikuti dengan sungguh arahan kepala daerah," katanya.


Bupati Don menegaskan, para Pejabat harus disiplin dan menguasai tugas-tugas eksekutif.


"Para Pejabat harus menjadi orang pertama yang bertanggung jawab terhadap seluruh tata kelola perangkat daerah. Jangan jadi pejabat yang membiarkan anak buah yang bertanggung jawab sendiri. Sebagai pengelola anggaran, Bapak-Ibu wajib bekerja teliti dan sungguh-sungguh dan hasil akhirnya menjadi tanggung jawab Bapak dan Ibu," tutupnya.


Data yang dihimpun media, berikut nama-nama Pejabat Eselon II yang dilantik Bupati Nagekeo.


1. Muhayan Amir, jabatan lama Sekretaris Satpol PP dan Kebakaran Kabupaten Nagekeo, jabatan baru Kepala Satpol PP dan Kebakaran Kabupaten Nagekeo.


2. Oliva Monika Mogi, jabatan lama Sekretaris Dinas Pariwisata, jabatan baru Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo.


3. Efraim Chrisacsensio Muga, jabatan lama Sekretaris Dinas Perhubungan, jabatan baru Kepala Dinas Perhubungan.


4. Klementina Dawo, jabatan lama Sekretaris Dinas Pertanian, jabatan baru Kepala Dinas Peternakan.


5. Agustinus Pone, jabatan lama Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, jabatan baru Kepala Pelaksana BPBD.


6. Maria Anjelina Adriana Seke Wea, jabatan lama Camat Aesesa Selatan, jabatan baru Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.


7. Sales Ujang Dekrasano, jabatan lama Camata Boawae, jabatan baru Kepala Dinas BPMD.


Sementara Pejabat yang dikukuhkan, yakni:


1. Bernard Dinus Fansiena, sebagai Kepala Dinas PUPR.


2. Djawaria Kristildis Maria Simporosa, sebagai Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan.


3. Renata Fernandes, sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.


Pelantikan sepuluh orang Pejabat Tinggi Pratama tersebut disaksikan oleh dua Tokoh Agama, yakni RD. Eligius Nong, sebagai Saksi Rohani Katolik dan Hj. Hamdan Karaeng, sebagai Saksi Rohani Islam.


Sedangkan Saksi Awam, dipercayakan kepada Asisten III, Agustinus Fernandez, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Thomas Aquinas Koba.