Advertisement

Benediktus Kia Assan
26 Des 2020, 11.49 WIB
News

Menteri Kominfo Salurkan Bingkisan Natal Untuk Anak-anak Pengungsian Ile Lewotolok

 

Pembagian Bingkisan Natal Menkominfo RI kepada anak-anak di Posko Pengungsian Eks Kantor Bupati Lembata, oleh Tim Bakti Kemenkominfo, Kamis (24/12/2020). (Foto: Ben Kia Assan)

Lembata, Floreseditorial.com - Sejumlah besar anak-anak yang mendiami Posko Utama Pengungsi Erupsi Ile Lewotolok, nampak gembira. Masing-masing sibuk dengan tingkahnya masing-masing. Ada yang tiduran, duduk bersandar dan sebagian lagi jongkok atau telungkup di lantai beralas terpal di tenda masing-masing. 


Enjel, salah satunya. Gadis kecil asal salah satu desa terdampak erupsi Ile Lewotolok itu, tinggal di salah satu tenda orange milik BNPB, di area Posko Utama Erupsi Ile Lewotolok. Sejak Minggu (29/11/2020), Enjel, tinggal di posko itu bersama Kakeknya, Thamrin Tadong dan Neneknya, Siti Aminah.


Sejak menerima bingkisan natal dari Kemenkominfo, pada Kamis (24/12/2020), Enjel, tak bisa diam. Didampingi Neneknya, Enjel, membongkar plastik pembungkus bingkisan. Sejumlah buku gambar, pensil warna dan rumah-rumahan dikeluarkannya. Semuanya dibentangkan di lantai tenda. Sebentar duduk merangkai rumah-rumahan, sekejap kemudian sudah telungkup mewarnai gambar. 


Enjel, dan ratusan anak lainnya, baru saja menerima bingkisan natal dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate. Jelang Perayaan Natal, Tim Bakti Kemenkominfo membagikan sedikitnya 250 paket bingkisan natal bagi anak-anak di posko-posko pengungsian, pada Kamis (24/12/2020) petang.


Kakek Thamrin Tadong, mengaku senang dengan kegembiraan yang tergambar di wajah cucunya, Enjel. Sambil terus mengamati aktivitas bermain cucunya, Thamrin, menghaturkan terima kasih atas bingkisan dari Menteri Kominfo, Johnny G. Plate.


“Mewakili cucu saya Enjel, dan anak-anak lain, kami ucapkan terima kasih untuk bingkisan dari Pak Johnny Plate. Bangga punya menteri dari NTT yang juga sangat peduli dengan kami dalam keadaan ini. Pak Johnny itu pernah datang di Lembata. Bingkisan ini buat anak-anak senang. Mereka punya permainan, buat mereka bisa sibuk dan tidak duduk murung. Saya senang karena cucu saya sangat gembira, dan bisa bermain,” tutur Thamrin Tadong. 


Thamrin menambahkan, Ia dan istrinya mengurus, Enjel, sejak Ibunya pergi bekerja ke Batam dan Ayahnya telah pergi meninggalkan mereka.

 

Paket bingkisan natal dari Menteri Kominfo, merupakan dukungan kedua bagi masyarakat terdampak erupsi Ile Lewotolok. 


Menurut Direktur Sumber Daya dan Aset Bakti Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Fadillah Mathar, sebelumnya kementerian tersebut sudah membantu mempersiapkan jaringan internet dan Wi-Fi di semua posko pengungsian terpusat yang disiapkan pemerintah Kabupaten Lembata. 


“Bapa Menteri Johnny G. Plate, berharap bingkisan ini membawa kegembiraan bagi anak-anak. Pak Johnny, juga berharap semua keluarga yang mengungsi dalam keadaan sehat dan senantiasa bersabar untuk menunggu kondisi kembali pulih dan bisa kembali ke rumah. Dan bingkisan ini merupakan yang kedua dari Kemenkominfo. Kita dari Bakti yang salurkan. Sebelumnya, hari pertama setelah erupsi, kita sudah ada di sini. Kita bantu pasang jaringan internet dan Wi-Fi di semua posko ini. Untuk bantu komunikasi. Dan kita lagi koordinasikan supaya setelah selesai masa darurat, mungkin peralatan tersebut akan dipindahkan dan dipasang di desa-desa yang terdampak erupsi,“ tandas Fadillah Mathar.


Mathar mengharapkan, pemasangan jaringan internet di desa-desa yang terdampak erupsi, nantinya bisa membantu memudahkan akses komunikasi dan mengecek informasi peringatan dini, jika di waktu mendatang terjadi lagi erupsi.