Benediktus Kia Assan
19 Des 2020, 18.10 WIB
News

PMI Ende Utus Tim Medis ke Lembata

Kadis Kesehatan Lembata, dr. Lucia Shandra, saat menerima bantuan logistik dan dukungan tiga Relawan Tenaga Medis dari Sekretaris PMI Ende, John Th. Ire, didampingi Kepala Markas PMI Lembata, Vicky Making, di Posko Kesehatan TDB Erupsi Ile Lewotolok, Jumat (18/12/2020). (Foto: Ben Kia Assan)


Lembata, Floreseditorial.com - Tepat di hari ke-20 masa Tanggap Darurat Bencana (TDB) Erupsi Ile Lewotolok atau hari ke-6 masa TDB Tahap II, Palang Merah Indonesia (PMI) Ende kembali mengirim dukungan logistik dan mengutus Tim Medis ke Lembata.


Sejumlah besar logistik termasuk paket obat-obatan tiba di Posko PMI Lembata, di Kompleks Posko Utama TDB Erupsi Ile Lewotolok, Jumat (18/12/2020). Selain logistik, PMI Ende juga mengutus empat orang Relawan Medis dan 1 Staff Markas.


Melalui PMI Lembata, paket logistik obat-obatan dan tiga orang Relawan Tim Medis itu secara resmi diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lembata.


Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Lembata, dr. Lucia Shandra, usai menerima dukungan PMI Ende tersebut, menyatakan apresiasi kepada PMI Ende, terutama pada tahap II TDB, di mana banyak Relawan sudah menyelesaikan tugasnya pada tahap I masa TDB Erupsi Ile Lewotolok. 


"Kami sangat mengapresiasi dukungan ini. Kedatangan dukungan PMI Ende terutama tambahan Tim Medis, sangat membantu keterbatasan Tenaga Medis saat ini. Ini pas, karena ketika banyak tim yang sudah pulang (akhir masa TDB Tahap I, red), PMI Ende justru datang dengan tambahan Tim Medis," papar dr. Lucia Shandra, usai menerima dukungan dari PMI Ende di Posko Kesehatan, Jumat (18/12/2020).


Sementara itu, Sekretaris Pengurus PMI Kabupaten Ende, John Th. Ire, mengatakan, bantuan logistik yang dibawa PMI Ende merupakan solidaritas dari masyarakat Ende untuk warga Lembata yang terdampak erupsi.


"Ini menjadi bagian dari solidaritas masyarakat Ende yang disalurkan melaui PMI Ende. Kami menyadari sepenuhnya bahwa ini masa sulit bagi semua orang di tengah pandemi covid-19. Tentunya, jauh lebih sulit lagi bagi sesama saudara yang ditimpa bencana di Lembata," papar John Th. Ire melalui pesan WhatsApp kepada floreseditorial.com. 


Terpantau media, sebanyak 149 koli bantuan logistik serta obat-obatan, siap didistribusikan oleh PMI Lembata ke semua Posko Pengungsian. Sementara tiga Tenaga Medis, yakni dua orang Bidan dan satu Perawat, telah ditugaskan untuk penanganan pengungsi di Posko Pengungsian, di antaranya adalah Posko SDN Kotabaru.