Iklan


 

Gusti Musa
18 Des 2020, 23.15 WIB
News

Prodi PBSI Universitas Muhammadiyah Kupang Gelar Workshop

Susana kegiatan workshop menulis ilmiah populer, Rodi PBSI Universitas Muhammadiyah Kupang, Jumat (18/12/2020). (Foto: Gusti Musa)


Kupang, Floreseditorial.com - Guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menulis, terutama menulis karya ilmiah populer, Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Kupang menggelar workshop dengan tema "Menguatkan Keterampilan Menulis Berbasis Kearifan Lokal", yang berlangsung selama dua hari sejak Jumat (18/12/2020) dan Sabtu (19/12/2020), bertempat di Ruang Kelas C7 Prodi PBSI, dan dihadiri oleh 13 peserta dari PBSI Semester 3.


Narasumber yang sekaligus Dosen di Prodi PBSI Unmuh Kupang, Siti Hajar, ketika diwawancarai Floreseditorial.com, menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan mahasiswa pada dunia kepenulisan. 


"Selama ini mahasiswa mengenal dunia kepenulisan hanya sebatas teori. Dengan adanya kegiatan ini, akan lebih memudahkan mahasiswa untuk lebih mengenal sekaligus mungkin akan membuat mahasiswa tertarik pada dunia kepenulisan. Sehingga, diharapkan akan ada mahasiswa yang mencintai dunia kepenulisan sebagai profesi setelah kegiatan ini," ujar Siti.


Menurut Siti, setelah kegiatan tersebut dilaksanakan, mahasiswa akan mengumpulkan hasil kerja mereka untuk menghasilkan satu produk. 


"Nantinya, dalam bentuk buku antologi. Sehingga mereka lebih terpacu untuk menulis lebih giat lagi, karena sudah ada hasil dari pelatihan ini," ujar Dosen Prodi PBSI Unmuh itu.


Dari keseluruhan proses di hari pertama, lanjutnya, peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. 


Senada, Salah satu peserta yang mengikuti workshop tersebut, Bung Ben, sangat mengapresiasi adanya kegiatan itu, karena dilakukan melalui pendekatan budaya. 


"Di satu sisi, kita sedang memperkenalkan kultur/kebudayaan yang ada dari daerah masing-masing. Apalagi orientasi dari kegiatan ini akan menghasilkan suatu buku setelah kegiatan ini," ujar Bung Ben.


Ben berharap, kegiatan tersebut terus dilanjutkan oleh mahasiswa, karena merupakan sesuatu yang sangat penting bagi mereka.


"Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bukan hanya dilakukan karena adanya mata kuliah, tetapi menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh kampus kepada mahasiswa," kata Mahasiswa PBSI itu.