SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
2.360 Vial Vaksin Sinovac Tiba di Ende

Iklan

Rian Laka
30 Jan 2021, 12.54 WIB
News

2.360 Vial Vaksin Sinovac Tiba di Ende

 
Penyerahan Vaksin Sinovac dari PT. Pos Indonesia kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Ende. (Foto: Rian Laka)


Ende, Floreseditorial.com - Sebanyak 2.360 vial Vaksin Sinovac tiba di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (30/1/2021) sekitar pukul 07.00 Wita.


Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ende, Vitalis Kako, kepada media ini di Ruangan Lantai II Kantor Bupati Ende, Sabtu (30/1/2021).


Ia mengatakan, pengiriman Vaksin Covid-19 diangkut dari Dinkes Provinsi NTT mengunakan Pesawat Wings Air dengan Nomor Penerbangan IW 1831, menuju Bandara Haji Hasan Aroebusman Ende. 


"Setelah kiriman Vaksin Covid-19 tiba di Ende, pihak PT. Pos Indonesia menyerahkan kepada Dinkes Kabupaten Ende. Selanjutnya, disimpan di ruang penyimpanan vaksin di gedung Instalasi Varmasi (IV) Dinkes Kabupaten Ende, dengan pengawalan ketat oleh pihak keamanan TNI-Polri," ungkap Vitalitas.


Ia menginformasikan, untuk pembukaan proses vaksinasi perdana akan dilakukan pada 4 Februari 2021. Di mana prioritas utama akan diberikan kepada sepuluh pejabat publik yang telah melalui pendaftaran dan proses screening. Proses vaksinasi akan dilakukan di puskesmas lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende. 


“Untuk sepuluh pejabat publik yang akan menjalankan proses vaksinasi dan telah terdaftar pada aplikasi adalah Setda Ende, Kajari Ende, Dandim Ende, Kapolres Ende, Ketua IDI, Kepala Loka Pom, Perwakilan Organisasi Profesi dan Tokoh Masyarakat, Bapak Jhon Th. Ire,” ujar Vitalis.


Ia menyampaikan, untuk Tenaga Kesehatan (Nakes), Dinkes Kabupaten Ende telah menyiapkan masing-masing dua orang vaksinator untuk menunjang pelaksanaan proses vaksinasi, termasuk kesiapan sumber daya tenaga vaksinator untuk proses vaksinasi tahap II dan III bagi masyarakat umum.


"Vaksinasi Covid-19 akan diberikan kepada 1.182 Nakes yang tersebar di 25 puskesmas di Kabupaten Ende," katanya.


Berdasarkan rencana, Vaksin Covid-19 akan didistribusi ke 25 puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten Ende hingga 8 Februari 2021 mendatang.


“Kita bersyukur, hari ini Vaksin Covid-19 tiba di Ende. Secepatnya akan kita distribusi ke masing-masing puskesmas. Tahap awal untuk Nakes,” tukasnya.