Iklan

 


Rian Laka
26 Jan 2021, 18.22 WIB
Covid-19

ASN di Ende Wajib Rapid Test

 

Ilustrasi (pixabay.com)

Ende, Floreseditorial.com - Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Ende wajib menjalani rapid tes antigen, untuk memastikan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah tersebut bebas dari penularan covid-19. 


Hal itu disampaikan Bupati Ende, Djafar Achmad, kepada media ini via telepon seluler, Selasa (26/1/2021). 


"Rapid test antigen akan dilakukan bagi sejumlah OPD, terutama ASN yang sudah dinyatakan reaktif covid-19," katanya. 


Ia mengimbau, kepada semua masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M yakni, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Menghindari mobilitas massa, mengingat kasus covid-19 di Kabupaten Ende terus meningkat.


"Untuk meminimalisir penyebaran covid-19 ini, pemerintah bersama satgas serta stakeholder terkait lainnya, akan melakukan patroli rutin setiap hari, terutama pada fasilitas publik dan memberlakukan jam malam," ungkap Bupati Djafar. 


Senada, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, Abraham Badu, mengatakan, rapid test antigen dilakukan setelah sebelumnya ada beberapa ASN di lingkup Setkab Ende meninggal dunia akibat covid-19. 


"Dari hasil tracing yang dilakukan oleh petugas terhadap orang dekat maupun rekan kerja korban, ada yang dinyatakan reaktif covid-19. Beberapa OPD yang sudah selesai menjalani rapid tes antigen yakni, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), dan beberapa instansi lainnya yakni, PPKAD, Setwan, RSUD Ende, Dinas Kesehatan dan instansi lainnya akan dilakukan secara bertahap," paparnya.


Untuk diketahui, hingga Selasa (26/1/2021), rapid test antigen 47 ASN dinyatakan reaktif covid-19, dan masih menunggu hasil pemeriksaan swab selanjutnya.