Advertisement

 


Pankrasius Y. Gandung| <br>Penulis<br>
6 Jan 2021, 21.16 WIB
News

BPBD Matim Turunkan Alat Berat Bersihkan Longsor Jalur Warat - Paanleleng

 

Alat Berat BPBD Matim tengah membersihkan longsor di ruas jalan Warat - Paanleleng. (Foto: Pankra)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT), mengerahkan satu unit alat berat untuk membersihkan material longsor Jalur Warat - Paanleleng, Balus, Desa Balus Permai, Kecamatan Borong, Matim, pada Rabu (6/1/2021).

 

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Matim, Peter Dola, ditemui floreseditorial.com di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2021), mengatakan, sore hari saat longsor itu terjadi pada Selasa (5/1/2020), pihaknya sudah mengirimkan alat berat untuk membersihkan material lonsor.


"Kami telah mengirimkan alat berat jenis loader milik BPBD Manggarai Timur, pada Selasa (5/1/2021) sore. Namun karena kendala teknis, hingga alat berat tersebut baru bisa sampai di tempat tujuan pada hari ini," ujar Peter.


Ia mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi terkait kejadian longsor tersebut dari BPBD Kecamatan Borong dan salah satu Staff BPBD Matim, asal Desa Balus Permai.


Salah satu warga yang ditemui di lokasi kejadian, Egi, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Matim, dalam hal ini BPBD Matim, yang dengan cepat merespon peristiwa tersebut.


"Terima kasih banyak. Ini sangat luar biasa," ujarnya.


Diberitakan sebelumnya, akibat tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Matim beberapa hari terakhir, menyebabkan terjadinya longsor yang menimbun jalur tengah lintas Warat - Paanleleng pada Selasa (5/1/2020) siang. 


Akibat kejadian tersebut, aktivitas masyarakat di sekitar wilayah itu lumpuh total. Sejumlah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, tidak dapat melintasi wilayah tersebut.