Iklan

 


Rian Laka
26 Jan 2021, 13.40 WIB
News

Bupati Ende: Pelaku Perjalanan Wajib Rapit Test PCR

Bupati Ende, Djafar Achmad. (Foto: Rian Laka)


Ende, Floreseditorial.com -  Kepada seluruh pelaku perjalanan yang ingin datang ke daerah Kabupaten Ende, wajib mengantongi surat keterangan rapit test PCR.


Hal ini disampaikan Bupati Ende, Djafar Achmad, melalui Surat Edaran Nomor BU.550/DISHUB.02/40/I/2021 tentang Pengendalian Pelaku Perjalanan dari dan ke Kabupaten Ende Dalam Masa Pandemi Covid-19, Selasa (26/1/2021).


Ia menyampaikan, mencermati meningkatnya penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Ende, dan untuk mencegah serta meminimalisir penyebarannya, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende melakukan pengendalian pelaku perjalanan.


"Setiap pelaku perjalanan dari dan ke Kabupaten Ende, wajib menunjukkan surat keterangan bebas covid-19, dibuktikan dengan hasil rapid test antigen negatif, yang berlaku selama tiga hari dari waktu pengambil sampel, atau RT-PCR negatif yang berlaku selama lima hari dari waktu pengambil sampel," jelasnya.


Menurutnya, bagi pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi darat, baik kendaraan pribadi maupun umum dari dan ke Kabupaten Ende, akan dilakukan tes secara acak (random test) rapid test antigen oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Ende, bila diperlukan.


"Bagi pengemudi ekspedisi yang menggunakan Kapal RO-RO dan terdaftar di Agen Kapal sebagai pengemudi tetap yang melakukan perjalanan secara rutin, wajib menunjukkan surat keterangan bebas covid-19, dibuktikan dengan hasil rapid test antigen negatif atau RT-PCR negatif yang berlaku selama 14 hari dari waktu pengambilan sampel," tambahnya.


Ia menegaskan, maskapai penerbangan dan operator kapal, serta operator angkutan darat, wajib menerapkan protokol kesehatan selama dalam perjalanan. Anak-anak umur di bawah 12 tahun, tidak wajib menunjukkan hasil rapid test antigen atau RT-PCR sebagai syarat perjalanan.