Advertisement

Rian Laka
14 Jan 2021, 14.58 WIB
News

Bupati Ende Siap Divaksin Perdana

Bupati Kabupaten Ende, Drs. Djafar H. Achmad, M.M. (Foto: Ist)


Ende, Floreseditorial.com - Bupati Ende, Djafar Achmad, menyatakan, vaksin covid-19 akan tiba di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada awal Februari 2021 mendatang.


Hal tersebut disampaikan Bupati Djafar, kepada floreseditorial.com, Rabu (13/1/2021). Ia menyampaikan, terkait tanggal berapa vaksin tersebut tiba, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT belum memberikan kepastian.


"Menyangkut berapa banyak jumlah vaksin yang akan dikirim dari Pemerintah Pusat ke provinsi menuju Kabupaten Ende, tentunya kiriman akan secara bertahap," ungkapnya.


Ia menjelaskan, pengiriman vaksin sudah diatur dari pusat. Untuk tahap awal pada Februari 2021, dikhususkan untuk seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Ende. Sementara untuk pengiriman tahap akhir, diperuntukkan bagi masyarakat, bahkan berlanjut hingga tahun 2022. 


“Untuk sementara, informasinya demikian. Karena kita tidak tahu kedepan apakah vaksin akan dikirim disesuaikan dengan permintaan daerah atau ditentukan dari Pemerintah Pusat, kita tidak tahu,” ujar Bupati Djafar.


Ia menambahkan, sebelum vaksin tersebut tiba di Kabupaten Ende, pemerintah akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kehadiran vaksin tersebut.


Menurutnya, vaksin tahap awal akan dilakukan kepada lembaga sesuai ketentuan yakni, Dinas Naketrans, setelah itu Forkompinda, para ASN dan TNI/POLRI, kemudian BUMN/BUMD. 


"Untuk vaksin perdananya, bila perlu Bupati Ende dan Forkompinda,” terangnya.