Iklan

 


Redaksi Flores Editorial
25 Jan 2021, 11.39 WIB
Covid-19

Corona di Manggarai Masuk Level Kritis

 

Ilustrasi (pixabay.com)

Manggari, Floreseditorial.com - Jumlah orang yang terkonfirmasi positif corona atau covid-19 di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mengalami peningkatan tajam.


Data yang dihimpun media, ledakan jumlah pasien positif corona di kabupaten tersebut, terjadi selama pekan pertama hingga pekan ke tiga Januari 2021.


Tercatat, penyebaran virus yang cukup masif sudah menyentuh level kritis, setelah 102 orang terkonfirmasi positif corona, pada Jumat (22/1/2020) pekan lalu.


Juru Bicara (Jubir) Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa, memaparkan, lonjakan penderita corona itu terjadi akibat kelalaian masyarakat yang tidak mengikuti anjuran pemerintah.


"Masyarakat kita ini kan kembeluak (acuh tak acuh) dengan anjuran yang dikeluarkan pemerintah, seperti selalau pakai masker, hindari kerumumnan, dan selalu mencuci tangan, ini yang jadi soal," kata Moa, Senin (25/1/2020).


Selain itu, ketidak disiplinan pasien yang menjalani masa isolasi mandiri juga ikut menyumbang terjadinya ledakan kasus corona di kabupaten tersebut.


Berdasarkan data yang dirilis Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, dalam tiga pekan selama Januari 2021, tercatat 728 orang dinyatakan positif corona, berdasarkan rapid test antigen.


Angka ini diprediksi akan terus bertambah, seiring dilakukannya rapid test antigen yang masif oleh petugas kesehatan di kabupaten tersebut.