Iklan

Rian Laka
20 Jan 2021, 12.40 WIB
Covid-19

Corona Meroket, Pemda Ende Imbau Warga Tak Panik

 

Ilustrasi (Pixabay.com)

Ende, Floreseditorial.com - Setelah dua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Ende dinyatakan meninggal dunia dengan status probable virus corona atau covid-19 pada Senin (18/1/2021) lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende akhirnya mengeluarkan instruksi resmi.

Pemda Kabupaten Ende, mengeluarkan Instruksi Bupati Ende Nomor 440/PKP/.489/2/I/2021 tentang Peningkatan Kewaspadaan dan Penanganan terhadap Risiko Penularan Infeksi Covid-19, serta menyikapi penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Ende.

Instruksi tersebut berisi imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik, menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan pada air mengalir dengan menggunakan sabun anti septik, serta menggunakan masker apabila keluar rumah

Selain itu, untuk fasilitas publik seperti, perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, hotel, tempat hiburan, restoran, rumah makan, tempat wisata, tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya, agar menyiapkan sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun anti septik.

Untuk pusat perbelanjaan, diminta untuk membatasi jam kunjung sampai pukul 21.00 Wita, dan para pelayan maupun pengunjung wajib menggunakan masker

Khusus untuk pasar dalam kota, aktivitasnya dimulai pukul 06.00 sampai 11.00 Wita. Sedangkan khusus Pasar Potulando, dibuka mulai pukul 17.00 sampai 20.00 wita. Dan bagi pedagang kaki lima serta usaha perkiosan, aktivitasnya dibatasi sampai pukul 21.00 Wita.

Restoran dan rumah makan diminta untuk membatasi pengunjung sebanyak 50% dari kapasitas ruangan. Dan untuk acara pernikahan, khitanan, sambut baru, dan sejenisnya, hanya bisa melaksanakan ritual keagamaannya saja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sementara pestanya tidak boleh dilaksanakan dalam bentuk dan cara apapun.

Diimbau bagi masyarakat, bila mengalami gejala batuk, pilek, demam, tenggorokan gatal, agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Dalam instruksi tersebut, ditegaskan, bagi masyarakat yang tidak mengindahkan pengumuman atau instruksi itu, akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku.