Iklan

Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
19 Jan 2021, 22.58 WIB
Wisata

Cunca Renging, Air Terjun Berlumut di Manggarai Timur

 

Cunca Renging (Foto: aqri_j)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com-Dianugerahi banyaknya pegunungan dan dataran yang ditumbuhi hutan-hutan lebat, membuat Manggarai Timur berkelimpahan sumber mata air.


Air dari mata air tersebut, mengalir dari ketinggian dan terjun ke lembah membelah bukit-bukit, membuat Manggarai Timur kaya akan wisata air terjun. 


Jika pada umumnya air terjun dari ketinggian memiliki volume air yang cukup besar dan jatuh langsung ke  lembah, lain halnya dengan air terjun yang satu ini. Aliran airnya kecil, mengalir turun melalui celah bebatuan yang ditumbuhi lumut-lumut hijau, jatuh ke lembah seperti tetesan air hujan. 


Cunca Renging, begitu mereka menamai air terjun berlumut yang satu ini. Terletak di Kampung Nengkal, Desa Gurung Turi, Kecamatan Pocoranaka, air terjun yang dikelilingi hutan lebat ini memiliki tinggi sekitar delapan meter dan lebar sekitar lima meter.


Air terjun langkah ini memiliki bebatuan berlumut yang dialiri air, membentuk tangga alam yang tidak beraturan. Karenanya, sekilas air terjun ini terlihat seperti air terjun bertingkat lima yang kecil nan menakjubkan. Wow!

Air terjun berlumut, Cunca Renging (Foto: aqri_j)


Air yang mengalir jatuh dari batu bertingkat itu, terlihat seperti tetesan air hujan yang jatuh dari atap rumah. Syahdu...


Hal lain yang tidak kalah menarik dari air terjun mungil ini yakni, lumut-lumutnya terlihat seperti terumbu karang yang hidup di darat. Sungguh indah dan menakjubkan.


Dengan panorama indah nan unik yang ditawarkan tempat ini, pasti minat anda terpancing untuk segera kemari, iya kan?? hehe



Untuk menuju tempat ini, bagi yang datang dari arah timur, saat sampai di Borong, Ibu Kota Manggarai Timur, Anda cukup menyusuri Jalan Trans Flores selama kurang lebih 40 menit, hingga tiba di pertigaan Bealaing. Dari pertigaan itu, jalan terus sekitar 15 menit hingga tiba di Kampung Nengkal. Dari kampung ini, anda harus berjalan kaki melewati perkebunan kopi dan hamparan persawahan penduduk setempat hingga tiba di titik Cunca Renging.

Hamparan persawahan (Foto: Antonius Cangkuang)


Begitupun bagi yang datang dari arah barat, dari Labuan Bajo menuju Kota Ruteng, memakan waktu kurang lebih empat jam perjalanan darat. Terus melintasi Jalan Trans Flores kurang lebih 20 menit hingga tiba di pertigaan Bealaing. Tak jauh dari situ, Anda akan tiba di Cunca Renging. Bila kebingungan, jangan lupa bertanya agar tidak sesat di jalan, hehehe...


Dengan akses yang mudah itu, yakin tidak tertarik ke Cunca Renging? Bagi kamu pecinta wisata air terjun, Cunca Renging wajib jadi salah satu daerah tujuan wisata kamu. Yuk, nikmatin sejuk dan indahnya air terjun Cunca Renging....