Iklan


 

Valerius Isnoho
28 Jan 2021, 10.47 WIB
News

Curah Hujan Tinggi, Rumah Warga di Desa Manong Nyaris Tersapu Longsor

 
Kondisi longsor di Desa Manog, Kecamatan Rahong Utara. (Foto: Ist)

Manggarai, Floreseditorial.com - Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Manong, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), sejak 27 - 28 Januari 2021, mengakibatkan rumah milik, Petrus Wagut (70), nyaris tersapu longsor.


Petrus Wagut, warga Kampung Laru, Dusun Laru, Desa Manong, mengatakan, akibat hujan deras yang terjadi sejak sore kemarin hingga pagi ini, menyebabkan terjadinya longsor di samping rumah kediamannya. 


“Hujannya dari kemarin sore hingga pagi ini. Bahkan karena longsor ini, fondasi tiang rumah saya hampir ikut turun. Saya takut kalau hujan terus sebentar, rumah saya juga ikut turun ke jalan. Dulu pemerintah waktu gali jalan, tidak membuat Tembok Penahan Tanah (TPT), sampe akhir saya buat TPT seadanya waktu buat rumah baru-baru ini,” terang Petrus. 


Ia berharap, pemerintah segera membangun TPT di wilayah tersebut, agar aman dari bahaya longsor. Petrus mengaku, pembuatan TPT oleh pihaknya itu, menggunakan dana pribadi dan bantuan dari dana desa. 


“Minta tolong sekali, kepada pemerintah untuk membantu saya. Apalagi rumah saya berada di pinggir jalan milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai. Saat ini, saya hanya berharap supaya Pemda cepat menanganinya,” ungkapnya. 


Menurut Petrus, hingga pagi ini, material longsor masih penuh menutupi badan jalan milik Pemda Kabupaten Manggari itu.