SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Dermaga Ropa Rusak Diterpa Gelombang Pasang

Iklan

 


Rian Laka
29 Jan 2021, 23.41 WIB
News

Dermaga Ropa Rusak Diterpa Gelombang Pasang

Dermaga Kayu Ropa rusak akibat diterjang gelombang pasang. (Foto: Postntt)



Ende, Floreseditorial.com - Dermaga Kayu Ropa di Desa Uludala, Ropa, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) rusak dihantam arus gelombang pasang, Jumat (29/1/2021).


Dermaga Kayu Ropa yang dibangun tahun 2019 silam menggunakan dana APBD sebesar Rp 1,2 Miliar itu, hanya menyisakan puing-puing pasca dihantam gelombang pasang. Tiang pancang rusak, serta sebagian badan dermaga itu ambruk.


Kepala Desa Uludala, Kosmas Sundu, kepada media ini, Jumat (29/1/2021), membenarkan perihal ambruknya Dermaga Kayu Ropa itu.


"Itu disebabkan hantaman ombak disertai angin kencang. Sudah kita lihat, memang sebagian badan dermaga sudah terlepas dari as tiang pancangnya," ujar Kosmas.


Ia menjelaskan, hadirnya Dermaga Kayu Ropa itu adalah sebagai infrastruktur pendukung sarana transportasi laut utara. Selama ini, masyarakat Uludala di wilayah Ropa dan sekitarnya, merasa sangat dimudahkan dengan hadirnya Dermaga Kayu Ropa itu.


"Kepada Pemerintah Daerah, melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Ende, untuk turun melakukan peninjauan, sehingga bisa langsung melihat kondisi fisik dermaga ini," pinta Kosmas.


Senada, salah satu masyarakat Dusun Kolibewa, Desa Uludala, Kecamatan Maurole, Sarifudin Usman, membenarkan perihal kerusakan dermaga tersebut, yang diakibatkan oleh hantaman arus ombak.


"Kencangnya arus ombak terjadi sekitar pukul 03.00 Wita, membuat tiang dan beberapa badan dermaga roboh. Ombak besar yang sudah beberapa hari ini, terus menghantam tiang penyangga tangga pertama yang biasa di sandari kapal motor, baik kapal ikan maupun kapal penumpang yang berasal dari Palu'e," ujar Sarufudin.


Untuk itu, Sarifudin berharap, kepada Pemerintah Daerah melalui dinas terkait, kiranya dapat kembali memperioritaskan perbaikan dermaga tersebut.


"Dermaga ini sangat berguna bagi kehidupan kami para nelayan dan masyarakat yang dari Palu'e, karena aktifitas bongkar muat hasil komoditi dari Palu'e dan hasil tangkapan ikan kami dibongkar di Dermaga Kayu Ropa ini," tukasnya.