Iklan

Gusti Musa
2 Jan 2021, 14.11 WIB
News

Diduga Gelapkan Dana Desa Sejak Tahun 2017 Silam, Kades Kembang Mekar Diadukan ke Dinas PMD Matim

Ilustrasi. (Net)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Pemuda Desa Kembang Mekar, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), layangkan surat pengaduan Dugaan Penyelewengan Dana Desa yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Kembang Mekar, Marsel Madur, ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Matim, pada Jumat (1/1/2020).


Dalam surat pengaduan yang file-nya diperoleh Floreseditorial.com, menjelaskan, penyelewengan Dana Desa yang dilakukan, Marsel Madur, sudah dilakukannya sejak tahun 2017 lalu.


Dijelaskan dalam surat itu, dugaan penyelewengan Dana Desa tersebut baru diketahui Pemuda Desa Kembang Mekar setelah mereka mengecek laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) pada laman resmi Kementerian Desa yakni sid.kemendesa.go.id


Lebih lanjut, surat pengaduan yang ditujukan kepada Dinas PMD Matim itu menerangkan, dalam laporan Marsel Madur melalui laman tersebut, terdapat beberapa item laporan yang diduga fiktif, karena adanya ketidaksesuaian antara yang dilaporkan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.


Penanggung Jawab Komunitas Milenial Demokrasi Desa Kembang Mekar, Berto Pondang, kepada Floreseditorial.com menjelaskan, pihaknya juga sudah mengirimkan file surat pengaduan tersebut via WhatsApp ke Dinas PMD Matim, dalam hal ini Kepala Bidang (Kabid) PMD Matim.


"Kami mohon maaf kepada Kabid PMD, karena saat ini kami belum bisa mendatangi secara langsung untuk melakukan pengaduan, dikarenakan pandemi covid-19," ujar Berto.


Ia menjelaskan, dalam surat yang dikirim pihaknya ke Kabid PMD Matim itu, terdapat 27 point tuntutan. 


Ia mengaku, sebelum pihaknya mengirimkan surat pengaduan tersebut, Ia terlebih dahulu menghubungi Pemerintah Desa (Pemdes) Kembang Mekar untuk dimintai klarifikasi.


"Mereka tidak mau Anggaran Dana Desa diketahui oleh masyarakat desa, sehingga tidak pernah menjawab kami," tambah Berto.


Berto berharap, surat pengaduan yang dikirim pihaknya itu ke Kabid PMD Matim dapat segera direspon. Selain itu, lanjut Berto, pihaknya juga meminta pihak Inspektorat Matim dan Polres Manggarai Timur agar segera mengusut tuntas dugaan penyelewengan Dana Desa yang dilakukan Kades Kembang Mekar, Marsel Madur.


"Mengusut tuntas dengan melakukan pengecekan langsung ke Desa Kembang Mekar," tutupnya.