Iklan

Redaksi Flores Editorial
12 Jan 2021, 11.01 WIB
News

Dua Kecamatan di Matim Berganti Nama, Warga Harus Ganti KTP

Ilustrasi (net)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com -  Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) telah menyetujui perubahan nama kecamatan di Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT).


Keputusan Perubahan tersebut bernomor 138/137/Bak tentang Persetujuan Perubahan Nama Kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur, tertanggal 11 Januari 2021. 


Adapun nama kecamatan yang diubah yakni, Kecamatan Poco Ranaka menjadi Kecamatan Lamba Leda selatan dan Kecamatan Poco Ranaka Timur menjadi Lamba Leda Timur. 


Akibat perubahan nama dua kecamatan tersebut, warga diwajibkan segera mengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Baca Juga: Mulai Hari Ini Tak Ada Lagi Kecamatan Poco Ranaka dan Poco Ranaka Timur


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Matim, Roberutus Bonefantura, menjelaskan, terhadap pemekaran tiga Kecamatan Pemekaran Baru yakni, Lamba Leda Utara, Kota Komba Utara dan Kecamatan Congkar, serta dua kecamatan yang mengalami pergantian nama, semua KTP penduduk harus diganti.


“Untuk sementara, masih menunggu Nomor Indeks tiga kecamatan baru, dimasukkan ke dalam aplikasi SIAK oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Maka, semua permohonan KTP baru, hilang atau rusak, atau perubahan biodata, untuk sementara diberikan Surat Keterangan (SUKET). Sedangkan dokumen lainnya seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Catatan Sipil, tetap dilayani,” kata Bonefantura, Senin (11/1/2021).


Menurutnya, untuk melancarkan proses  pencetakan KTP bagi lima kecamatan tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan para Camat dan Kepala Desa/Lurah.

 

“Dukcapil akan melakukan pencetakan massal. Setelah pencetakannya selesai, akan dibagikan melalui Camat, sekaligus menarik KTP yang lama,” tukasnya.