Advertisement

Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
8 Jan 2021, 21.26 WIB
Wisata

Eksotika Wisata Danau Rana Mese

Danau Rana Mese. (Foto: Net)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com -Danau Rana Mese adalah salah satu daya tarik wisata favorit di Kabupaten Manggarai Timur. Merupakan Taman Wisata Alam (TWA) yang dikelola langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kabupaten Manggarai, yang secara administrative berada di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese. 


Luas danau ini mencapai lima hektar, dengan kedalaman sekitar 43 meter. Dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat dan hijau sejauh mata memandang, tempat ini sungguh menentramkan.


Danau Rana Mese, memiliki banyak hal menarik yang dapat Anda nikmati. Tidak hanya pemandangan danau dan landscape alam yang asri, anda juga akan menjumpai flora dan fauna langka yang sangat menarik.


Memasuki pintu gerbang kawasan wisata ini, Anda akan disambut sejuk dan asrinya alam yang sangat dijaga kelestariannya ini. Lantaran hawa di tempat ini sangat dingin, jangan lupa untuk senantiasa memakai jaket saat berkunjung.


Sesampainya di pintu gerbang, Anda bisa memarkir kendaraan di tempat parkir yang sudah disediakan. Kemudian menuju pos penjagaan untuk membeli tiket masuk. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, hanya Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara dan Rp 10.000 untuk wisatawan lokal. 


Setelah membeli tiket, petualangan pun di mulai. Diawali dengan melewati ratusan anak tangga menuju danau. Ayo semangat!!! Alam yang asri dan gemercik air terjun turut menemani langkah menuju pemandangan menakjubkan yang menanti Anda. Lelah terbayar tuntas!


Tempat ini menawarkan beberapa aktivitas seru yang dapat anda lakukan, seperti memancing, trekking, berenang di air terjun, belajar tentang konservasi alam, dan tentunya menambah galeri foto.


Akses Menuju Danau Rana Mese


Akses menuju danau ini sangat mudah, lantaran lokasinya berada di pinggir Jalan Trans Flores. Dari Labuan Bajo, dapat ditempuh sekitar enam jam menggunakan kendaraan roda empat, atau sekitar empat jam jika menggunakan kendaraan roda dua. Sementara bagi Anda yang datang dari Maumere, Ende, dan Bajawa, dapat ditempun sekitar sembilan jam dari Maumere, tujuh jam dari Ende, dan empat jam dari Bajawa.


Bagi Anda yang datang dari jauh dan butuh penginapan, jangan khawatir karena tempat ini menyediakan fasilitas akomodasi berupa homestay dengan harga Rp 200.000 per malam.