Iklan

Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
15 Jan 2021, 21.53 WIB
Wisata

Gunung Poco Ndeki dan Sejuta Keelokannya

 

Gunung Poco Ndeki. (Foto: Benny Mulyawan)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com
Dengan topografi daerah yang mayoritas berada di ketinggian, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki hamparan perbukitan dan pegunungan indah, menyebar membentang hingga ke ujung daerah ini. 


Banyaknya hamparan pegunungan yang tersebar di Manggarai Timur, menghadirkan atraksi wisata pendakian gunung, yang tentunya dapat memantik minat para pecinta hobby extrim yang satu ini.


Berbicara tentang gunung, terdapat banyak gunung megah nan menakjubkan, berdiri kokoh di daerah ini. Sala satunya yakni, Gunung Poco Ndeki.


Gunung Poco Ndeki, merupakan gunung berhutan tropis kering, terletak di Kota Borong, tepatnya di Kelurahan Kotandora, Kabupaten Manggarai Timur. Gunung dengan ketinggian 950 mdpl ini, hanya berjarak sekitar satu kilometer dari pusat Kota Borong.


Gunung berhutan tropis kering ini, memiliki hutan yang asri dan sangat indah, menyelimuti seluruh tubuh gunung. Sangat menentramkan!


Selain itu, Gunung Poco Ndeki juga sangat kaya akan aneka jenis burung. Bagi Anda peminat wisata khusus dan pengamat burung, Gunung Poco Ndeki sangat pas masuk dalam daftar wisata Anda. 


Burung Elang Flores di kawasan Hutan di Pulau Flores Barat, NTT. (Arsip/ Samuel Rabenak)


Berwisata ke Gunung Poco Ndeki, tidak hanya tentang hiking dan tracking. Banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda jumpai. Salah satunya adalah menyaksikan dan menilik sejarah tentang beberapa objek budaya peninggalan Suku Motu Poso. 


Di gunung ini, terdapat Watu Embu Kodi Haki atau batu laki-laki yang menyerupai alat kelamin laki-laki, dan Watu Embu Kodi Fai atau batu perempuan yang menyerupai alat kelamin perempuan. Mau tau bagaimana bentuk dan kisah dibaliknya? Datang langsung dan cari tahu dong... Hehehe


Di tempat ini pula, Anda dapat menyaksikan indahnya pesona laut dari ketinggian, sambil menyaksikan beragam satwa hutan seperti burung endemik Flores, kera ekor panjang, babi hutan, landak, dan masih banyak lagi. Duhhh.... Menarik bukan?


Belum lagi, letak Kota Borong yang terbaring tepat di kaki gunung ini, memberikan Anda tawaran pemandangan kota dari ketinggian. Sungguh mengagumkan!


Untuk sampai di puncak Gunung Poco Ndeki, Anda akan melewati beberapa perkebunan cokelat, kelapa, dan kopi milik warga setempat, sebelum memasuki kawasan hutan. Dijamin, perjalanan Anda akan sangat berkesan.


Nah, untuk menuju tempat ini, Anda bisa menggunakan bus, mobil pribadi atau motor. Bagi Anda yang datang dari arah Barat melalui Labuan Bajo, jalan terus ke Timur menyusuri jalan Trans Flores hingga tiba di Kota Borong. Berjarak sepuluh kilometer dari Kota Borong, arahkan kendaraan Anda menuju Kampung Sere, Kelurahan Tanah Rata. Sedangkan bagi Anda yang datang dari Timur Flores, bisa memulai titik start dari Maumere, Ende, atau Bajawa. Cukup menyusuri Jalan Trans Flores hingga tiba di Kampung Kisol, tidak jauh dari Kota Borong. 


Dengan akses yang sangat mudah dan atraksi wisata menakjubkan yang ditawarkan, Gunung Poco Ndeki wajib menjadi salah satu daya tarik wisata tujuan Anda. Yuk... Kita ke Gunung Poco Ndeki.