Iklan

 


Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
24 Jan 2021, 22.00 WIB
Wisata

Hangatnya Dekapan Air Panas Soka

 

Wisata Air panas Soka (Ist)

Ngada, Floreseditorial.Com- Primadona wisata Kabupaten Ngada sangatlah beragam. Beberapa daya tarik wisatanya sudah tidak asing lagi di telinga pencinta wisata.


Sebut saja, Kampung Adat Bena-nya yang khas, pesona wisata 17 pulau-nya yang mengagumkan, hingga megahnya panorama Gunung Inerie yang menakjubkan. 


Selain atraksi-atraksi wisata tersohor itu, Ngada masih menyimpan segudang atraksi wisata lainnya yang tak kala menarik.


Salah satunya adalah wisata air panas. Ya, wisata pemandian air panas di daerah ini bukan cuma ada di So’a. Mari kita melipir ke pesisir selatan kabupaten ini. Tepatnya di Kampung Boba, kamu akan menjumpai daya tarik wisata Air Panas Soka. 


Dikelilingi hutan gunung yang cukup lebat, membuat hawa di area daya tarik wisata ini sangat bersahabat, seakan mendukung keberadaan air panas ini. 


Berendam menikmati hangatnya air, dipadu dengan sejuknya hawa di kawasan ini, pasti akan sangat merelaksasi pikiran, dannn... mungkin juga hati... Hehehe


Selain menikmati hangatnya air, belerang yang tertempel di batu lempeng di sekeliling air panas ini, bisa dimanfaatkan dan digunakan sebagai masker wajah dan sekujur tubuh kita. Wow... Nggak perlu beli produk masker belerang yang mahal itu, ya bund... Upsss! Ahhhhhhhh


Menurut kepercayaan penduduk setempat, air panas dan belerang di Air Panas Soka ini berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit, seperti kudis dan luka bakar. Selain itu, penyakit seperti asam urat dan kolesterol, juga dipercaya bisa disembuhkan. 


Hal ini telah dibuktikan sendiri oleh warga setempat dan beberapa pengunjung yang datang ke tempat ini. Wihhhh... keren!


Belum diukur berapa derajat suhu dari Air Panas Soka ini. Tapi yang pasti, air ini bisa sangat panas di waktu tertentu. Sepanas liatin dia jalan sama wanita lain. Hottttt.... ahhhhhhhh


Waktu terbaik mengunjungi daya tarik wisata Air Panas Soka ini adalah jam 5-10 pagi dan jam 3-6 sore, karena di waktu-waktu tersebut, air ini lagi hangat-hangatnya. Sehangat pelukan pacar yang baru jadian dua minggu, percayalah! Hahaha


Lokasi daya tarik wisata Air Panas Soka dapat dicapai melalui dua rute. Bisa mengambil rute selatan melalui Aimere dan mengambil rute tengah melewati jalan negara Trans Flores. 


Bagi yang mengambil rute selatan, kamu cukup berkendara menyusuri jalan utama selama 30 menit, melewati beberapa perkampungan, sambil menikmati indahnya pemandangan pesisir, hingga menjumpai gapura kecil yang bertuliskan 'Selamat Datang di Boba'. Dari gapura tersebut, dilanjutkan sekitar satu kilometer perjalanan hingga tiba di SD Inpres Soka. Jalan masuk tempat wisata ini tepat disamping kiri sekolah tersebut.


Bagi yang mengambil rute tengah, jalur ini cukup memakan waktu, karena jalannya yang sedikit mendaki dan berkelok-kelok. Pada rute ini, kamu akan melewati Kota Bajawa, hingga tiba di pertigaan Malanuza di Mataloko. Arahkan kendaraan ke selatan selama 30 menit, hingga tiba di lokasi.


Begitupun akses dari arah timur. Cukup berkendara melewati Jalan Trans Flores Ende - Bajawa hingga tiba di pertigaan Malanuza tadi. Dari situ, kamu cuma butuh waktu 30 menit untuk tiba di lokasi.


Untuk diketahui, di sekitar tempat kawasan wisata Air Panas Soka terdapat tiga unit penginapan. Jadi bagi kamu yang datang dari jauh dan berencana menginap, tidak perlu bingung cari penginapan ya...


Nah, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi hangatnya pelukan mantan, ehhh hangatnya Air Panas Soka maksudnya, tempat ini wajib kamu kunjungi... Siapa tau nemu kehangatan baru, ehhh gimana... Hahaha... See you there ya!!