Iklan

Redaksi Flores Editorial
13 Jan 2021, 15.16 WIB
News

Isu Ikan Beracun Merebak, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Matim Sidak Pasar Borong

 

Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Timur saat mengambil sampel ikan di Pasar Borong. (Foto: FEC Media)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Inpres Borong, untuk memastikan kondisi pangan termasuk ikan yang beredar di Pasar Borong, aman dikonsumsi.


Terpantau media, puluhan petugas mendatangi para pedagang ikan, untuk mengambil sampel ikan yang dijual dan dilakukan tes cepat.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Matim, Tadeus Enggur, menjelaskan, Tim Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Matim melakukan pengecekan secara langsung terhadap ikan yang beredar di Pasar Borong.


“Hari ini kita melakukan pengecekan secara langsung, kondisi ikan yang beredar di Pasar Borong, untuk memastikan ikan yang beredar aman dikonsumsi masyarakat,” katanya.


Menurutnya, berdasarkan hasil uji tes kit formalin di lapangan, ikan yang beredar di Pasar Borong aman untuk dikonsumsi.


“Ikan-ikan yang beredar di Pasar Borong, aman dikonsumsi, tidak mengandung zat berbahaya,” kata Tadeus saat ditemui di Pasar Borong, Rabu (13/1/2020).


Untuk diketahui, isu ikan beracun mulai merebak di Pasar Borong, beberapa waktu belakangan.


Maria Elisabeth, salah seorang pedagang ikan di Pasar Borong, menuturkan, banyak pedagang ikan mengalami kerugian.


“Sudah hampir tiga Minggu terakhir sepi pembeli,” tukasnya.