Iklan

Valerius Isnoho
9 Jan 2021, 15.55 WIB
Covid-19

Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Terus Bertambah

Ilustrasi (net)


Manggarai, Floreseditorial.com - Beberapa hari belakangan, kasus positif covid-19 di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami peningkatan. Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Ludovikus D. Moa, Jumat (8/1/2021).


Ia menjelaskan, secara terjadwal dan periodik, pihaknya terus melakukan giat penelusuran kontak kasus dan melaksanakan pemeriksaan rapid antigen terhadap 73 warga Manggarai, yang disinyalir pernah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi covid-19 lainnya.


"Hasil pemeriksaan rapid antigen dari 73 orang warga Manggarai tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19," ungkapnya.

 

Dengan demikian, sampai Jumat (8/1/2021), secara signifikan dilaporkan adanya  peningkatan jumlah warga Manggarai yang terpapar covid-19. Di mana total kasus pasien covid-19 yang telah dan sedang mendapat perawatan adalah sebanyak 170 orang, dengan rincian 98 orang sementara dalam perawatan dan diisolasi di Wisma Atlet Golo Dukal maupun di rumah, 71 orang dinyatakan sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. 



Mengingat dan mempertimbangkan adanya tren peningkatan jumlah kasus covid-19 yang signifikan di Kabupaten Manggarai, Tim Satgas Covid-19 telah bergerak cepat dan terus melakukan giat pengendalian dan Pencegahan, antara lain secara periodik melakukan sosialisasi dan pendidikan kesehatan kepada masyarakat, melakukan penelusuran kontak kasus, penapisan, melakukan pemeriksaan rapid test, rapid antigen, pengambilan sampel swab PCR. 



Ia mengimbau, seluruh masyarakat berperan aktif meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab diri dalam mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) antara lain, wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, menghindar dari kerumunan, dan setiap pelaku perjalanan wajib lapor serta melakukan isolasi secara mandiri, wajib rapid test dan swab test. 



“Mari bersama menurunkan laju peningkatan jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Manggarai, agar bahaya dan penularan covid-19 bisa teratasi, bersama kita pasti bisa,” tegasnya.