Iklan

Ignasius Tulus
11 Jan 2021, 13.26 WIB
News

Kawasan Penghijauan di Kabupaten Kupang Jadi Tempat Langganan Pembuangan Sampah

Tumpukan sampah yang berserakan di pinggir jalan, di seputar kawasan penghijauan Kabupaten Kupang. (Foto: Ignas Tulus)


Kupang, Floreseditorial.com - Kawasan Penghijauan yang berlokasi di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), sepertinya sudah menjadi tempat langganan bagi masyarakat sekitar untuk membuang sampah.


Meski tidak terdapat bak penampung/tempat pembuang sampah, setiap harinya lokasi tersebut menyajikan pemandangan tak elok. Pasalnya, sejumlah jenis sampah selalu tampak menumpuk di lokasi tersebut setiap saat.


Pantauan media ini di lokasi tersebut, Senin (11/1/2021) pagi, sejumlah papan informasi tidak membuang sampah di tempat tersebut telah dipasang pemerintah maupun kelompok peduli lingkungan, namun informasi tersebut seperti tidak diindahkan masyarakat.

Anehnya lagi, sejumlah papan pengumuman larangan pembuangan sampah tersebut nampak sengaja dirusak.


Salah satu warga sekitar yang tidak mau namanya disebutkan, mengaku, tidak mengetahui asal mula sampah-sampah tersebut, hingga sampah selalu menumpuk di lokasi itu.


Menurut warga, sampah-sampah yang ada di lokasi itu sepertinya dibuang pada malam hari oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


“Sepertinya, mereka pakai mobil, datang buang sampah di sini malam hari,” ujar warga.


Warga berharap, Pemerintah Kabupaten Kupang, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Kabupaten Kupang, dapat secepatnya membuat tempat pembuangan sampah di tempat itu.


Ia mengaku, selama ini sejumlah sampah di tempat itu hanya dipedulikan oleh organisasi-oranisasi mahasiswa yang bergotong-royong membersihkannya.


“Setiap hari di sini selalu ada sampah. Selama ini, hanya mahasiswa yang membersihkan sampah di sini,” tutupnya.