Iklan

Yeremias Yosef Sere
2 Jan 2021, 00.39 WIB
Ekbis

KM. Gandha Nusantara 12 Akan Beroperasi di Sikka Tanpa Dipungut Biaya

KM. Gandha Nusantara 12. (Foto: Ist)


Sikka, Floreseditorial.com - PT. Pelayaran Nasional Indonesia atau PT. Pelni (Persero) Cabang Maumere, siap mendatangkan KM. Gandha Nusantara 12 untuk beroperasi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), di mana pelayarannya tanpa dipungut biaya alias gratis.


KM. Gandha Nusantara merupakan kapal motor sejenis kapal feri yang berukuran kecil, dengan panjang kapal 24,70 meter dan Cross Tonnage 93 GT. Kapal tersebut memiliki daya tampung penumpang sebanyak 68 orang, serta kapasitas muatan maksimal 10 ton.


Kepala PT. Pelni (Persero) Cabang Maumere, Surahman, menjelaskan, kapal motor sejenis kapal feri tersebut merupakan proyek pembangunan kapal perintis oleh pemerintah, untuk meningkatkan konektivitas antar pulau, terutama di daerah-daerah terpencil.


"Kapal tersebut, sementara dalam perjalanan dari Makassar. Jadwalnya, akan tiba di Maumere hari Minggu (3/1/2021) pukul 13.30 Wita di Pelabuhan Kewapante," jelasnya Surahman.


Dalam keterangannya kepada floreseditorial.com, Jumat (1/1/2021), Ia mengatakan, KM. Gandha Nusantara 12 akan melayani rute Kewapante - Kojadoi - Parumaan - Kojadoi - Kewapante. Sementara itu, lanjutnya, pelayaran perdana belum bisa ditentukan, karena pihaknya masih harus berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan Sikka.


Namun, pihaknya memastikan, KM. Gandha Nusantara 12 akan melayani masyarakat secara gratis, sebagai bentuk keberpihakan Pelni kepada masyarakat Kabupaten Sikka. Lanjutnya, selain manusia, kapal tersebut juga bisa mengangkut kendaraan roda dua/motor


"Kapal ini diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten Sikka, tanpa dipungut biaya," tuturnya.


Menurutnya, KM. Gandha Nusantara 12 sudah dilengkapi fasilitas kapal, sebagaimana kapal feri umumnya yakni, mempunyai deck penumpang yang dilengkapi dengan tempat duduk, serta deck untuk kendaraan motor.


"Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa KM. Gandha Nusantara 12, bisa langsung naik ke atas kapal, tidak perlu daftar atau antri. Setelah berada di atas kapal, nanti Anak Buah Kapal (ABK) akan melakukan pendataan," jelasnya.


Ia menambahkan, jika dalam pelayaraan nantinya KM. Gandhana Nusantara 12 tersebut berhasil dan bisa menjangkau seluruh masyarakat, maka kedepannya, pihaknya akan mendatangkan lagi kapal tambahan.


"KM. Gandha Nusantara 12 merupakan kado tahun baru bagi masyarakat Kabupaten Sikka. Semoga para penumpang bisa menggunakan jasa pelayaran dengan baik, serta ikut  menjaga dan merawat kapal," tutupnya.