Iklan

Rian Laka
8 Jan 2021, 13.25 WIB
News

KMP Sirung Labuh Berlayar Perdana ke Pulau Ende

 

KMP Sirung Labuh saat bersandar di Dermaga Pelabuhan Ende. (Foto: Ist/Antara)

Ende, Floreseditorial.com - Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Sirung Labuh, yang  diupayakan pengadaannya oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende demi memudahkan mobilitas masyarakat antar pulau, melakukan pelayaran perdananya di Dermaga Pelabuhan Pulau Ende, Kamis (7/1/2021). 


Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad, juga ikut dalam pelayaran perdana ke Pulau Ende, didampingi para Asisten Sekda, Pimpinan OPD dan rombongan lainnya, dengan mengikutsertakan kendaraan dinas masing-masing pada KMP Sirung Labuh.

 

Tiba di Dermaga Pulau Ende, Bupati Djafar Achmad, bersama rombongan diterima masyarakat Pulau Ende dengan antusias. Saat bertatap muka dengan masyarakat Pulau Ende, Bupati Djafar, meminta kepada masyarakat setempat agar menjaga kebersihan KMP. Sirung Labuh, sehingga dapat digunakan dalam waktu lama.


"Kehadiran KMP Sirung Labuh di bawah naungan PT. Duta Flobamora, diyakini akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di Pulau Ende," harapnya.


Senada, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan KSOP Ende, Condrad Siahaan, meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan kapal, mengingat faktor  kebersihan berpengaruh pada kenyamanan berlayar.


Dilain pihak, Camat Pulau Ende, Nurdin, pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Bupati Ende, yang telah meloby pihak Duta Flobamora, sehingga KMP. Sirung Labuh membuka pelayaran ke Pulau Ende.


“Kehadiran KMP. Sirung Labuh ini akan memudahkan masyarakat Pulau Ende untuk bisa langsung ke Kupang melalui pelabuhan Pulau Ende, dan ini tentunya juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayahnya, terutama masyarakat yang berprofesi pedagang,” ungkapnya.


Usai tatap muka dengan masyarakat Pulau Ende, Bupati Djafar, bersama rombongan meninjau kondisi jalan di wilayah Pulau Ende menggunakan kendaraan dinas.


Peristiwa peninjauan jalan oleh Bupati Ende bersama rombongan menggunakan kendaraan dinas, merupakan sejarah tersendiri bagi masyarakat Pulau Ende. Sebab, peninjauan Bupati Ende dan rombongan menggunakan kendaraan dinas di Pulau Ende, baru pertama kali terjadi.