Iklan

Rian Laka
15 Jan 2021, 17.27 WIB
News

Lantik Tiga Kepala Desa, Bupati Ende: Kepala Desa Harus Tahu Persoalan di Desa

 

Bupati Ende, Djafar Achmad, saat melantik Kepala Desa Watusipi, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende. (Foto: Rian Laka)

Ende, Floreseditorial.com - Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad, secara maraton mengambil sumpah dan melantik tiga Kepala Desa Periode 2021-2027, di dua lokasi berbeda yakni, Kecamatan Ende Utara dan Kecamatan Detusoko, Jumat (15/1/2021).


Kepala Desa terlantik diantaranya, Hironimus Hado, sebagai Kepala Desa Watusipi, Kecamatan Ende Utara, dilantik di Kantor Desa Watusipi, Hendrikus Lele, sebagai Kepala Desa Saga, dan Vinsensius Papa, sebagai Kepala Desa Niowula, keduanya dilantik di Aula Pertemuan Stasi Saga, Kecamatan Detusoko.


Bupati Ende, Djafar Achmad, dalam sambutannya mengatakan, Kepala Desa harus mengetahui semua persoalan yang ada di desa. Hal itu dimaksudkan agar dalam perencanaan pembangunan dapat tepat sasaran, dan berdasarkan kebutuhan masyarakat.


"Kepada para Kepala Desa, untuk tidak melakukan mutasi atau pergantian para Perangkat Desa selama enam bulan, sejak dilantik saat ini," ungkapnya.


Bupati Djafar, menegaskan tentang pentingnya keakuratan data yang nantinya digunakan dalam penentuan program-program pembangunan. 


“Karena, Kepala Desa harus mengetahui tentang keadaan masyarakat di desa seperti, jumlah KK miskin, jumlah anak putus sekolah, jumlah janda, sehingga ketika membuat perencanaan program dapat tepat sasaran,” ujarnya.


Terkait persoalan-persoalan kesehatan seperti masih adanya penyebaran covid-19, deman berdarah, stunting, dan HIV/AIDS, Bupati Djafar, mengingatkan masyarakat untuk terus mentaati protokol kesehatan,serta membiasakan pola hidup bersih dan sehat mulai dari lingkungan keluarga.


Ia menyampaikan, secara khusus kepada para Kepala Desa, dalam pengelolaan keuangan desa, agar benar-benar memperhatikan juknis dan aturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tidak terjadi persoalan di kemudian hari.


“Gunakan setiap rupiah dengan baik bagi kepentingan masyarakat dan harus sesuai aturan, agar tidak bermasalah di kemudian hari,” jelasnya.


Bupati Djafar, juga menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Panitia Pemilihan Kepala desa, para Kandidat Kepala Desa, dan seluruh masyarakat pemilih yang telah melaksanakan proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara baik, sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar.


“Amannya pelaksanaan Pilkades ini, membuktikan bahwa masyarakat telah dewasa dalam berpolitik dan memahami sungguh mekanisme Pilkades," tukasnya.