Iklan

Pankrasius Y. Gandung| <br>Penulis<br>
6 Jan 2021, 10.32 WIB
News

Longsor di Matim, Jalur Warat - Paanleleng Lumpuh Total

 

Longsor di ruas Jalan Warat - Paanleleng, Kabupaten Matim yang tertimbun longsor, Selasa (5/1/2020). (Foto: Pankra)


Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Akibat tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) beberapa hari terakhir, menyebabkan jalur tengah lintas Warat - Paanleleng tertimbun longsor, pada Selasa (5/1/2020) siang. 


Pantauan media, akibat kejadian tersebut, aktivitas masyarakat di sekitar wilayah itu lumpuh total. Sejumlah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, tidak dapat melintasi wilayah tersebut.


Salah seorang pengendara roda dua, Wihelmus Jonda, yang ditemui media ini di lokasi tersebut, mengatakan, jalur tersebut merupakan satu-satunya jalur singkat menuju Borong, Ibu Kota Kabupaten Matim.


"Berharap kepada pemerintah, terkhusus dinas terkait agar secepatnya memperbaiki jalur ini," pintanya.


Menurutnya, jika Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Matim tidak segera menangani permasalahan tersebut, dapat berakibat pada perekonomian masyarakat yang melintasi jalur itu, karena terhambatnya aktivitas masyarakat.


Warga lain, Ekri Ladur, mengatakan, untuk sementara, pihaknya akan berusaha membereskan material longsor yang mengenai badan jalan itu, menggunakan alat seadanya, agar kendaraan roda dua dapat melintas.


Pantauan media, hingga saat ini, kendaraan roda empat belum bisa melewati jalur tersebut, karena terdapat dua batu besar yang menutupi badan jalan. 


"Semoga Pemda Kabupaten Matim segera mengirimkan alat berat untuk mengangkat batu besar yang berada di badan jalan tersebut, dikarenakan batu tersebut tidak dapat dipindahkan dari badan jalan menggunakan tenaga manusia," ungkap Ekri.