Iklan

 


Redaksi Flores Editorial
29 Jan 2021, 16.00 WIB
News

Longsor Terjadi di Lamba Leda

 
Lokasi timbunan longsor di area persawahan di Kampung Wantal, Lamba Leda. (Foto: Ist)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com – Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir, mengakibatkan longsor di Kampung Wantal, Desa Compang Mekar, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa TenggaranTimur (NTT), pada Kamis (28/1/2021). 


Panjang longsor tersebut diperkirakan mencapai 400 meter, dengan lebar 150 meter. Jarak lokasi longsor dari pemukiman warga kurang lebih 100 meter. 


Kampung Wantal yang berada dikemiringan itu, terancam amblas, sebab lahan penopang kampung tersebut sudah  runtuh. Bekas patahan tampak di beberapa titik di sekitar jalan.


Akibat longsor tersebut, sekitar dua hektar sawah dan lahan kering dari 15 pemilik, tertimbun longsor. Penghitungan cepat Pemerintah Kecamatan Lamba Leda bersama warga pemilik sawah, setiap musimnya, sawah tersebut akan digarap dua kali, dengan hasil sekitar 159 karung gabah kering. Sehingga, kerugian akibat peristiwa itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.



Pemerintah Kecamatan Lamba Leda mengimbau, bagi warga Kampung Wantal yang bermukim di sekitar lokasi longsor, agar selalu waspada dan segera mengungsi bila longsor susulan terjadi.


Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Matim telah menerima laporan terkait longsor tersebut. Petugas di lapangan masih mendata kerusakan yang terjadi, untuk kemudian dilaporkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Matim.