Iklan

Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
26 Jan 2021, 12.31 WIB
Wisata

Menyapa Damai di Bukit Bunda Maria Nilo

 

Patung Bunda Maria Segala Bangsa (Foto: Instagram @gsrekwjc)

Sikka, Floreseditorial.Com- Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak hanya kaya akan wisata alamnya yang mempesona. Daerah dengan mayoritas penduduk umat Katolik ini, menjadi salah satu tujuan favorit wisata rohani di Indonesia.


Selain ritual Semana Santa di Larantuka, lokasi peziarahan Bunda Maria Segala Bangsa di Kota Maumere, Kabupaten Sikka merupakan salah satu objek wisata rohani yang patut dikunjungi.


Patung Bunda Maria Segala Bangsa ini terbuat dari perunggu, memiliki ketinggian 28 meter, dengan berat 6 ton. Patung ini dibangun oleh Tarekat Pasionis yang bekerja sama dengan umat Katolik di sana, merupakan salah satu karya besar dari Kongregasi Carmel.


Patung ini mulai didirikan pada tahun 2004, dan secara resmi diberkati dan dibuka sebagai tempat ziarah pada 31 Mei 2005 oleh Uskup Agung Ende, Alm. Mgr. Abdon Longinus da Cunha.


Patung yang merupakan bangunan tertinggi di Kabupaten Sikka ini, berdiri di atas ketinggian 1.600 mdpl, menghadap langsung ke arah Kota Maumere dan Laut Flores, dengan Kota Maumere persis berada di bawahnya. Sunggu sangat memanjakan mata!


Patung Maria Bunda Segala Bangsa terletak sekitar tujuh kilometer dari Kota Maumere, tepatnya di Bukit Keling Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita. Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat berkendara dari Kota Maumere, dengan jarak tempuh sekitar satu jam.


Berlokasi di Desa Nilo, tepatnya di atas perbukitan sebelum Ledalero dan Seminari Rita Piret. Sesampainya di gerbang wisata, pengunjung dapat langsung memarkir kendaraan di kawasan yang sudah disediakan, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi patung tersebut.

 

Bukit Bunda Maria Nilo ini merupakan kawasan peziarahan bagi umat Katolik yang ingin mendapatkan ketenangan hati serta pikiran. Di sini, peziarah dapat beribadah sekaligus berekreasi, karena kawasan Bukit Nilo didukung dengan suasana perbukitan yang dikelilingi  pepohonan hijau yang alami, serta udara sejuk yang menentramkan. Berada di sini, seperti menemukan damai yang sesungguhnya...


Beribadah sambil berekreasi, tentunya akan menjadi rangkaian kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain berperan sebagai objek wisata rohani bagi para peziarah, Bukit Bunda Maria Nilo ini juga sekaligus menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari puncaknya. Inilah salah satu hal yang menjadikan Bukit Bunda Maria, Bukit Nilo sebagai objek wisata rohani yang paling diminati oleh umat Katolik dari dalam maupun luar Kota Maumere.