Iklan

Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
10 Jan 2021, 23.06 WIB
Wisata

Padang Ma'u Sui, Sepercik Pemandangan Khas Afrika di Manggarai Timur

 

Padang Ma'u Sui. (Foto:FEC Media)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com   Berwisata di Manggarai Timur tidak hanya tentang wisata bahari, danau, air terjun atau gunung. Akan tetapi anda juga akan menyaksikan sepercik pemandangan khas Afrika di wilayah ini, yakni sabana. Sabana tersebut bernama Ma'u Sui.


Ma'u Sui merupakan sebuah padang rumput yang membentang di kawasan Perkampungan Ma'u Sui, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. 


Sabana ini memiliki hamparan rerumputan hijau yang luas sejauh mata memandang. Terdapat pula beberapa jenis pohon khas sabana seperti pohon lontar, mengkudu dan beberapa jenis pohon lainya, tumbuh menyebar di atas sabana yang berpredikat sebagai Padang rumput terluas se-daratan Flores itu. Sungguh membanggakan.


Sebagian masyarakat Ma'u Sui, berprofesi sebagai penggembala kuda, sapi, dan kerbau. Di waktu tertentu, hewan-hewan tadi akan dilepas dan dibiarkan berlarian di sabana. Anda bisa nongkrong sebentar sambil melihat pemandangan yang tidak mungkin bisa didapatkan di Kota. 


Di tengah sabana, nampak megahnya panorama Gunung Inerie di kabupaten tetangga, Kabupaten Ngada, yang tidak kalah seksinya dengan pemandangan alam lain di Pulau Flores. 


Panorama gunung Ine Rie dari Padang Ma'u Sui. (Foto: FEC Media)



Selain itu, terdapat pesona laut Sawu yang terbaring indah di depan sabana yang dapat membuat kita takjub dan terkagum-kagum akan keindahannya.  


Bukan cuma itu, di tempat ini pula kita dapat menyaksikan panorama indahnya matahari terbit dan romantisnya matahari terbenam. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.


Di bagian lain sabana, ada sebuah kubangan yang biasa dipakai kerbau berendam saat matahari sedang terik-teriknya. Terkadang, kerbau-kerbau tadi juga turun ke tepi pantai untuk minum dan bermain sebentar. Sungguh pemandangan yang memanjakan mata bukan?


Di tempat ini, aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan selain berkuda adalah kemping bareng teman atau keluarga. Dijamin seru, aman dan Anda pasti menyukainya.


Akses Menuju Sabana Ma'u Sui


Untuk menuju tempat ini, kita bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.


Bagi pengunjung yang datang dari arah Labuan Bajo, anda akan mengambil jalan darat menuju Kota Ruteng yang ditempuh selama 4 jam. Dari kota ini, terus berkendara menuju timur melalui jalan Trans Flores selama satu jam hingga tiba di Kota Borong. 


Dari kota ini perjalanannya tersisa satu jam lagi. Teruslah berkendara melintasi jalan Trans Flores hingga tiba di pertigaan sebelum pasar Waelengga. Sampai disitu belok kanan ya. Jalan masuk melalui pertigaan tersebut sejauh dua kilometer hingga anda menjumpai tempat indah ini. Selamat menikmati !!

 


Di tempat ini, fasilitas akomodasi tidak tersedia. Bagi yang mau nginap, disarankan untuk memesan tempat penginapan seperti homestay di Waelengga yang jaraknya sekitar dua kilometer dari tempat ini.


Jadi, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi liburan seperti di Afrika, Manggarai Timur punya loh jawaban akan keinginanmu itu.

Ayo,, tunggu apalagi, ke Padang Ma'u Sui yukk..



Para Penggembala Kuda di Padang Ma'u Sui. (Foto: FEC Media)