Advertisement

Redaksi Flores Editorial
4 Jan 2021, 21.54 WIB
News

Pemda Mabar Targetkan 100.000 Kunjungan Wisatawan di Tahun 2021

 

Kawasan Puncak Waringin, Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. (Foto: Hyronimus P. Jehadun)

Manggarai Barat, Floreseditorial.com - Tahun 2021 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mabar memasang target sebanyak 100.000 kunjungan wisatawan, dengan target utama yakni wisatawan nusantara/lokal.


Ditemui media ini akhir Desember lalu di kantornya, Kapala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat, Agustinus Rinus, menjelaskan, pihaknya tetap optimis dengan target kunjungan wisatawan tersebut, meski situasi saat ini masih dalam masa pandemi covid-19.


"Sekarang pemerintah dan seluruh pelaku industri sudah melakukan sosialisasi, bimbingan teknis juga pendamping, untuk setiap lokasi wisata wajib menerapkan protokol kesehatan dengan penerapan CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah Lingkungan)," ungkapnya.


Ia mengatakan, selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, di setiap lokasi tujuan wisata di Labuan Bajo dan di pulau-pulau sekitar, pemerintah daerah juga mengembangkan wisata baru di desa-desa dengan konsep wisata alam dan budaya.


"Kita sekarang sedang mendorong 68 Desa Wisata yang sangat menjanjikan, baik alam maupun budaya," terang Agustinus.


Ia menambahkan, terkait SDM pengelola pariwisata, pemerintah daerah juga akan memberikan pelatihan dan pembentukan Masyarakat Sadar Wisata. Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga berencana akan membuat banyak festival, salah satunya adalah Festival Tenun Ikat, baik di Labuan Bajo maupun di desa-desa di Manggarai Barat. 


"Semoga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang baru, Sandiaga Uno, yang menggantikan, Wishnutama, memebri warna baru bagi Labuan Bajo yang sudah ditetapkan sebagai salah satu wisata super premium dan super prioritas. Harapan saya adalah yang super premiumnya adalah 274.689 penduduk Manggarai Barat," tutupnya. (hpj)