Iklan

Valerius Isnoho
21 Jan 2021, 10.56 WIB
Covid-19

Rapid Antigen: 491 Orang di Manggarai Positif Corona

Ilustrasi. (Pixabay.com)



Manggarai, Floreseditorial.com - Satuan gugus tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat lonjakan signifikan  pasien yang positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan cepat Rapid Antigen di kabupaten tersebut.


Juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D Moa, menyampaikan, hingga Rabu (20/1/2021), pasien positif Corona di Kabupaten Manggarai, berdasarkan hasil pemeriksaan Rapid Antigen mencapai 491 orang.


Ia menyampaikan, dengan adanya trend peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang signifikan di Kabupaten Manggarai, tim satuan tugas Covid-19 terus bekerja cepat, dan terus melakukan giat pengendalian, giat pencegahan giat penegakan hukum, dan disiplin Prokes kepada warga masyarakat.


Pihaknya juga secara periodik melakukan sosialisasi serta pendidikan kesehatan kepada seluruh masyarakat, melakukan penelusuran kontak kasus, penapisan, pemeriksaan Rapid Test, Rapid Antigen, pemeriksaan PCR bagi warga yang pernah melakukan kontak erat dengan Pasien yang terkonfirmasi Positif Covid-19.


Peran serta aktif seluruh masyarakat untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, dengan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab dirinya dalam mematuhi setiap Protokol Kesehatan antara lain wajib Pake masker, sering cuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak serta menghindari dari kerumunan, mengurangi mobilitas. 


“Masyarakat diharapkan menghindari rangkaian kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, seperti kegiatan pesta dan acara adat yang berpotensi menularkan Covid-19,” katanya.


Bagi pelaku perjalanan, diminta untuk wajib melaporkan diri serta melakukan isolasi secara mandiri.