Iklan

 


Redaksi Flores Editorial
25 Jan 2021, 17.52 WIB
Covid-19

Rumah Sakit Over Kapasitas, Pemkot Kupang Siapkan Hotel Untuk Tempat Isolasi

 

Ilustrasi (pixabay.com)

Kupang, Floreseditorial.com – Rumah Sakit Online Kementerian Kesehatan mencatat sebanyak 47 daerah di tujuh provinsi di Indonesia, berada dalam kondisi mengkhawatirkan, dengan tingkat daya tampung tempat tidur rumah sakit di atas 70 persen. 


Hal itu juga terjadi di beberapa rumah sakit di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan melonjaknya kasus positif covid-19, para pasien mulai kesulitan mencari ruang rawat inap di rumah sakit.


Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, NTT, akan menyiapkan sejumlah hotel yang diperuntukkan sebagai tempat isolasi bagi pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 di daerah itu.


Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretaris Daerah (Setda) Kota Kupang, Ernest Ludji, Senin (25/1/2021) di Kupang, mengatakan, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, akan menyiapkan hotel sebagai tempat isolasi pasien covid-19.


"Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Kupang semakin mencemaskan, sementara ruang perawatan di rumah sakit sudah penuh dengan pasien covid-19. Sehingga, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, telah memutuskan untuk menyiapkan hotel sebagai tempat isolasi bagi pasien covid-19," terangnya.


Ia mengatakan, hal itu terkait upaya antisipasi Pemkot Kupang dalam menyiapkan tempat perawatan bagi pasien covid-19, setelah semakin meningkatnya kasus transmisi lokasi di Kota Kupang.


"Tim dari Pemerintah Kota Kupang sedang melakukan koordinasi dengan beberapa pemilik hotel di Kota Kupang yang akan dijadikan sebagai tempat isolasi pasien covid-19. Sesuai hasil koordinasi, sejumlah pengusaha hotel sudah menyatakan kesiapannya untuk menggunakan hotelnya sebagai tempat isolasi pasien covid-19," ungkap Ludji.


Namun, Ia mengaku belum mengetahui berapa banyak hotel yang akan digunakan sebagai tempat lokasi isolasi bagi pasien covid-19 tersebut.


"Kami belum bisa pastikan berapa banyak hotel yang digunakan Pemerintah Kota Kupang sebagai tempat isolasi pasien covid-19, karena tim masih melakukan pendekatan dengan pemilik hotel, termasuk melihat kesiapan fasilitas pendukung agar proses isolasi berlangsung dengan aman," tutupnya.