Iklan


 

Adrianus Paju
31 Jan 2021, 14.05 WIB
News

Rumah Warga di Cibal Nyaris Tersapu Longsor

 
Rumah warga Desa Barang, Kecamatan Cibal yang ditopang sejumlah bambu karena nyaris ambruk akibat longsor. (Foto: Ist)


Manggarai, Floreseditorial.com - Tingginya intensitas hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Manggarai sepekan terakhir, mengakibatkan longsor di berbagai titik di wilayah tersebut.


Akibat kondisi itu, rumah salah seorang warga Desa Barang, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), nyaris ambruk tersapu longsor yang melanda wilayah itu, pada Sabtu (30/1/2021) sekitar pukul 06.00 Wita.


Fabianus Ngadi, pemilik rumah, saat ditemui Wartawan di kediamannya, Minggu (31/1/2021), mengatakan, hujan deras yang mengguyur empat hari terakhir, mengakibatkan longsor yang menimpa sisi bagian timur rumah miliknya, hingga menyapu sebagian pondasi rumah serta tembok penahan tanah dengan panjang sekitar tujuh meter.


"Hujan yang tidak berhenti akhir-akhir ini, membuat tembok penahan sisi rumah kami tersapu longsor," ungkap Fabianus.


Ia menuturkan, saat peristiwa terjadi, dirinya bersama anggota keluarga lain masih berada di dalam rumah, hingga mereka merasakan guncangan tanah ketika longsor hendak merobohkan tembok penahan pada sisi rumah itu.


"Kami sekeluarga masih di dalam rumah dan merasakan guncangan saat longsor merobohkan tembok penahan itu," ujarnya.


Terpantau, saat ini, untuk mengantisipasi longsor susulan, pihaknya menopang sisi rumahnya menggunakan beberapa batang bambu agar tidak ikut ambruk, karena kondisi tanah yang sudah tersapu longsor pada bagian pondasi rumah.


Beruntung, tidak ada korban jiwa saat peristiwa terjadi. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. 


"Semoga pemerintah dapat membantu keluarga saya untuk kembali membangun tembok penahan, sehingga kondisi rumah ini aman dari ancaman tanah longsor," tukasnya.