Iklan

Valerius Isnoho
15 Jan 2021, 11.53 WIB
Covid-19

Satu Pasien Covid-19 di Manggarai Meninggal Dunia

Ilustrasi (net)


Manggarai, Floreseditorial.com - Pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), terus bertambah.


Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa, menyampaikan, satu pasien positif covid-19, inisial DGB (46), laki-laki, alamat Jl Mawar, Tebing Tinggi, Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, meninggal dunia di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, pada Jumat (15/1/2021).


"Pasien masuk RSUD dr. Ben Mboi pada hari Selasa (5/1/2021), dengan keluhan sesak napas dan batuk, komorbid hypertensi. Ia sempat mendapatkan pengobatan dan perawatan di Ruangan Isolasi RSUD dr. Ben Mboi, dari tanggal 5-15 Januari 2021," terangnya.


Ia menyampaikan, pasien tersebut dirawat selama 11 hari, dengan hasil pemeriksaan Rapid Antigen dan Test Cepat Molekul (TCM) terkonfirmasi positif covid-19.


"DGB, meninggal dunia hari ini, Jumat (15/1/2021). DGB, dimakamkan pagi ini juga, di pemakaman keluarga, dengan mengikuti protokol covid-19," ungkap Moa.


Ia mengimbau, bagi keluarga dan masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan almarhum, diminta kesadarannya untuk segera 1x24 jam melaporkan diri kepada Petugas Satgas Covid-19, untuk dilakukan pemeriksaan Rapid Antigen dan Test PCR.


"Mempertimbangkan adanya trend peningkatan jumlah kasus covid-19 yang signifikan di Kabupaten Manggarai, Tim Satgas Covid-19 bekerja cepat, dan terus melakukan giat pengendalian, giat pencegahan, giat penegakan hukum dan disiplin menerapkan prokes kepada masyarakat, serta secara periodik melakukan sosialisasi serta pendidikan kesehatan kepada seluruh warga masyarakat, melakukan penelusuran kontak kasus, penapisan, pemeriksaan Rapid Test, Rapid Antigen, pemeriksaan PCR bagi warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19," jelasnya.


Diketahui, hingga 15 Januari 2021, jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 hasil pemeriksaan Rapid Antigen dan Test PCR di Kabupaten Manggarai, berjumlah 239 orang. Dengan rincian, sedang dalam perawatan di RSUD dr. Ben Mboi sebanyak dua orang, menjalankan isolasi dan karantina di Wisma Atlet Stadion Golodukal sebanyak 11 orang, menjalankan karantina dan isolasi mandiri di rumah berjumlah 138 orang, dinyatakan sembuh berjumlah 86 orang, dan pasien yang meninggal dunia berjumlah tiga orang.