Iklan

Valerius Isnoho
13 Jan 2021, 11.07 WIB
Covid-19

Satu Pasien Positif Covid-19 di Manggarai Meninggal Dunia

 

Ilustrasi (net)


Manggarai, Floreseditorial.com -
Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Manggarai kembali melaporkan, satu pasien terkonfirmasi positif covid-19 meninggal dunia, pada Rabu (13/1/2021).


Hal itu disampaikan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa.


Ia menyampaikan, pasien dengan inisial TNDE (77), laki-laki, alamat Jl. Soekarno, Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, meninggal di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng.


“TNDE, masuk di RSUD dr. Ben Mboi hari Selasa (12/1/2021). Berdasarkan hasil pemeriksaan, pasien tersebut terkonfirmasi positif covid-19,” ujarnya.


Ia mengatakan, TNDE, akan dimakamkan pagi ini di tempat penguburan keluarga, dengan tetap mengikuti protokol covid-19.


Semua keluarga almarhum TNDE dan masyarakat yang merasa pernah melakukan kontak erat, diminta melaporkan diri kepada Petugas Satgas Covid-19, untuk dilakukan rapid antigen. 


"Mengingat dan mempertimbangkan adanya trend peningkatan jumlah kasus covid-19 yang signifikan di Kabupaten Manggarai, Tim Satgas Covid-19 bekerja cepat, dan terus melakukan  giat pengendalian, giat pencegahan, dan secara periodik melakukan sosialisasi serta pendidikan kesehatan kepada masyarakat, melakukan penelusuran kontak kasus, penapisan, melakukan pemeriksaan rapid test, rapid antigen, pengambilan sampel swab untuk pemeriksaan PCR bagi warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19," jelas Moa.


Ia mengimbau, seluruh masyarakat berperan aktif meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab diri, dalam mematuhi protokol kesehatan antara lain, wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menghindari acara-acara yang mengumpulkan banyak orang, seperti pesta dan acara adat yang berpotensi menularkan covid-19. 


Bagi pelaku perjalanan, diminta untuk wajib melaporkan serta melakukan Isolasi mandiri, wajib rapid test dan swab test.


Ia menjelaskan, kepedulian, kesadaran, kewaspadaan, kepatuhan, dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti pola hidup bersih dan sehat, demi masyarakat Kabupaten Manggarai bebas covid-19 adalah tanggung jawab bersama.


"Mari bersama menurunkan laju peningkatan jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Manggarai, agar bahaya dan penularan covid-19 bisa teratasi. Bersama kita pasti bisa," tukasnya.


Diketahui, sampai saat ini, jumlah pasien yang meninggal karena positif covid-19 di Kabupaten Manggarai, berjumlah dua orang.