Iklan

Pankrasius Y. Gandung| <br>Penulis<br>
15 Jan 2021, 14.33 WIB
Pendidikan

Sekolah di Matim Butuh Perhatian Pemda

 

Kondisi bangunan SDN Satu Atap Lengko Munting. (Foto: Pankra)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Fasilitas sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu penunjang mutu pendidikan. Salah satunya yakni, pembangunan gedung sekolah yang harusnya diprioritaskan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT). 


Sebut saja, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Satu Atap Lengko Munting, di Desa Compang Biting Kecamatan Elar, Kabupaten Matim, yang memiliki 67 siswa itu, terlihat sangat memperihatinkan.


Pantauan media, pada bangunan sekolah tersebut terdapat beberapa dinding yang rusak dan atap bocor. 


Salah satu Tenaga Pengajar SDN Satu Atap Lengko Munting, Kanisius Japung, saat ditemui media di halaman sekolah, Jumat (15/1/2021), mengatakan, gedung sekolah tersebut dibangun oleh orang tua murid pada tahun 2009.


"Hingga kini bangunan ruangan belum diperbaiki," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala SDN Satu Atap Lengko Munting, Monika Manul, berharap, Pemda Kabupaten Matim lebih memperhatikan kondisi tersebut.


"Kami harap Pemerintah Manggarai Timur untuk segera memperbaiki fasilitas yang ada," tukasnya.


Ia menambahkan, pada musim hujan seperti sekarang ini, pihaknya terpaksa menghentikan proses belajar mengajar, hingga memulangkan siswa, karena terlalu berisiko tinggi.


"Mulai dari atap yang  bocor hingga ruangan kelas yang tak memiliki dinding, hal ini sangat rawat dan mengkhawatirkan untuk para murid, terutama karena cuaca yang tidak cukup baik saat ini," ungkapnya.


Menanggapi hal tersebut, salah satu orang tua siswa, Elpiana Rima, berharap, pemerintah segera memperbaiki tiga unit ruangan kelas yang sudah rusak parah.