Iklan

Yeremias Yosef Sere
10 Jan 2021, 00.30 WIB
Covid-19

Stok Cartridge TCM RSUD T. C. Hillers Habis, Sikka Andalkan Rapid Test Antigen

Ilustrasi. (Net)



Sikka, Floreseditorial.com - Stok cartridge yang digunakan untuk pemeriksaan Test Cepat Molekuler (TCM) di RSUD T. C. Hillers Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah habis.


Informasi yang dihimpun media, ketersediaan cartridge di Laboratorium TCM RSUD T. C. Hillers, sudah menipis sejak Desember 2020 lalu. Stok cartridge tersebut dinyatakan habis sejak Kamis, (7/1/2021).


Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, ketika ditemui di Kantor BPBD, pada Jumat (8/1/2021), mengatakan, karena stok cartridge TCM habis, pihaknya menggunakan alat yang tersedia yakni rapid test antigen.


“Ini secara global, jadi stok TCM tidak ada di mana-mana. Sehingga, kita menunggu barangnya ada, baru kita lakukan pembelanjaan atau lakukan permohonan ke Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,” jelasnya.


Ia mengatakan, rapid test antigen kit yang didapatkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Satgas Covid-19 Nasional sebanyak 5.000. Lanjutnya, rapid test antigen kit tersebut sudah didistribusikan untuk digunakan di beberapa rumah sakit dalam wilayah Kabupaten Sikka.


“Untuk RS Santo Gabriel Kewapante ada 500 rapid test antigen, RS Santa Elisabeth Lela sebanyak 100 dan 1.000 lagi untuk RSUD T. C. Hillers Maumere. Sisanya 3.000 lebih lainnya, ada di Dinas Kesehatan sebagai stok,” terangnya.


Ia melanjutkan, untuk mendiagnosa covid-19, untuk sementara akan memakai rapid tes antigen, karena dinilai rapid test antigen tersebut dapat mendeteksi penyebaran virus sebesar 80%.