SWAPE UP UNTUK MEMBACA ARTIKEL
Terkait Isu Ikan Beracun, Dinas Perikanan Kabupaten Manggarai Sidak Pasar Inpres Ruteng

Iklan

 


Valerius Isnoho
11 Jan 2021, 12.26 WIB
News

Terkait Isu Ikan Beracun, Dinas Perikanan Kabupaten Manggarai Sidak Pasar Inpres Ruteng

 

Pegawai dari Dinas Perikanan Kabupaten Manggarai saat uji lab di Pasar Inpres Ruteng. (Foto: Valerius Isnoho)

Manggarai, Floreseditorial.com – Dinas Perikanan Kabupaten Manggarai melakukan sindak ke sejumlah Pasar Inpres di Ruteng. Hal ini dilakukan terkait isu yang beredar, mengenai ikan beracun yang telah memakan korban jiwa.


Juru Bicara Pasar Inpres Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Beni Darman, menyampaikan, isu yang beredar bahwa ikan tembang dan ikan tongkol yang beredar di masyarakat itu mengandung racun itu, tidaklah benar. 


Ia menyampaikan, selama ini pihaknya mengambil ikan dari Maumere, Labuan Bajo, Borong, dan Larantuka, tetapi sama sekali tidak mengandung racun. 


"Terkait isu yang beredar ikan yang mengandung racun itu, sama sekali tidak benar," tegasnya.


Hal itu dibenarkan Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Manggarai, Lambertus Patut, kepada floreseditorial.com. Ia mengatakan, semua isu yang beredar bahwa ikan tembang dan ikan tongkol mengandung racun, itu tidak benar.


“Karena barusan kami sudah melakukan cek sampel semua ikan yang ada di Pasar Inpres Ruteng, dan berdasarkan hasil sampel yang kami ambil di pasar, hasilnya semua normal dan tidak ada yang mengandung racun,” ungkapnya saat ditemui pada Senin (11/1/2021).


Ia mengatakan, berdasarkan hasil sampel tersebut, semua ikan yang dijual di Pasar Inpres Ruteng layak dikonsumsi karena sama sekali tidak mengandung racun.