Iklan

Adrianus Paju
18 Jan 2021, 16.34 WIB
Covid-19

Trend Kasus Covid-19 Meningkat, Pemda Manggarai Imbau Masyarakat Patuhi Prokes

 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa. (Foto: Ist)

Manggarai, Floreseditorial.com - Trend peningkatan kasus positif covid-19 di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), semakin memprihatinkan.


Tak tanggung-tanggung, berdasarkan rilis yang diterima Wartawan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, per 17 Januari 2021, tercatat total kasus positif covid-19 mencapai 351 orang dengan rincian, positif rapid antigen sebanyak 248 Orang, positif PCR/TCM sebanyak 103 orang, 86 orang dinyatakan sembuh, sedang menjalani karantina di Stadion Golodukal sebanyak 11 orang, karantina/isolasi di rumah sebanyak 248 orang, mendapatkan perawatan di rumah sakit sebanyak tiga orang, sementara yang dinyatakan meninggal dunia berjumlah empat orang.


Kondisi tersebut memungkinkan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, secara periodik dan masif melakukan giat pencarian dan penelusuran kontak kasus, demi memutus mata rantai penularan serta penyebaran covid-19 di tengah masyarakat. 


Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa, mengatakan, salah satu upaya yang terus dilakukan adalah meningkatkan jumlah testing terhadap masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien covid-19, menggunakan Swab Test Rapid Antigen.


“Dengan adanya trend peningkatan jumlah kasus covid-19 yang signifikan di Kabupaten Manggarai saat ini, Tim Satgas Covid-19 bekerja cepat, dan terus melakukan giat pengendalian, giat pencegahan, giat penegakan hukum dan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) kepada Warga masyarakat,” jelasnya.


Ia menambahkan, Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai secara periodik melakukan sosialisasi serta pendidikan kesehatan kepada seluruh masyarakat, melakukan penelusuran kontak kasus, penapisan, pemeriksaan Rapid Test, Rapid Antigen, pemeriksaan PCR bagi warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19.


“Kepedulian, kesadaran, kewaspadaan, kepatuhan dan disiplin warga masyarakat dalam menerapkan Prokes serta mengikuti pola hidup bersih dan sehat, demi masyarakat Kabupaten Manggarai bebas covid-19 adalah tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.


Lodi menyampaikan, kesadaran dan tanggung jawab dalam mematuhi setiap Proker antara lain, wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menggunakan hand sanitazer, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari rangkaian kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, seperti kegiatan pesta dan acara adat yang berpotensi menularkan covid-19.


"Kepada seluruh masyarakat, agar secara bersama memutus mata rantai penularan covid-19 di Kabupaten Manggarai.

Bersama kita pasti bisa, demi Manggarai yang sehat dan bebas dari covid-19," tukasnya.