Iklan

Yeremias Yosef Sere
5 Jan 2021, 12.15 WIB
Covid-19News

Tujuh Warga Sikka Dipulangkan Dari Lokasi Karantina Covid-19

Ilustrasi (net)


Sikka, Floreseditorial.com - Sebanyak tujuh warga Kabupaten Sikka yang terkonfirmasi positif covid-19 dan menjalani karantina di Belakang Roxy Swalayan Maumere, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur sejak 24 Desember 2020 lalu, akhirnya dipulangkan pada Senin (4/1/2021). Ketujuh warga tersebut dipulangkan setelah hasil swab test mereka dinyatakan negatif.


Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus, mengatakan, ketujuh warga yang sebelumnya menjalani karantina tersebut, empat orang diantaranya merupakan warga Kecamatan Kewapante dan tiga lainnya warga Kecamatan Hewokloang. Warga yang dipulangkan tersebut telah mengantongi Surat Keterangan Bebas Covid-19. 


"Mereka sebenarnya ada delapan orang. Tetapi hari ini, dipulangkan tujuh orang saja karena satu orangnya lagi masuk ke lokasi karantina kemudian. Jadi, nanti kita lihat lagi hasil swab PCR-nya seperti apa untuk satu orang ini," ungkap Herlemus, ketika ditemui floreseditorial.com di ruang kerjanya, Senin (4/1/2021).


Ia menjelaskan, satu orang yang masih melanjutkan masa karantina tersebut, merupakan pasien kontak erat dengan BM, pasien covid-19 yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. 


Ia menambahkan, terdapat juga dua orang Tenaga Kesehatan (Nakes) RSUD T. C. Hillers yang menunjukkan hasil reaktif antigen. Saat ini, keduanya sedang menjalani karantina di Ruang Paviliun RSUD T. C. Hillers Maumere. 


"Nakes yang lainnya, sementara dipanggil untuk rapid test antigen. Mereka sekitar 20 orang, yang kontak erat dengan pasien positif covid-19. Kita berharap agar para Nakes yang kontak erat itu, tidak ada yang reaktif," terangnya. 


Pantauan floreseditorial.com di lokasi karantina, warga yang dipulangkan tersebut dijemput oleh pihak keluarga. Sedangkan beberapa orang lainnya diantar oleh Tim Satgas  Covid-19 menggunakan mobil ambulance.


Sementara itu, di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Sikka, sedang dilaksanakan pengambilan rapid test antigen untuk para Nakes yang kontak erat, yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka.