Iklan

Redaksi Flores Editorial
5 Jan 2021, 15.41 WIB
Covid-19News

Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Kupang

Personel TNI AU Lanud El Tari Kupang mengawal kedatangan Vaksin Covid-19 yang tiba di bandara El Tari Kupang, Kota Kupang, NTT Selasa (5/1/2021). (Foto : ANTARA)

Kupang, Floreseditorial.com - Vaksin covid-19 tiba di Bandara El Tari Kupang, Selasa (5/1/2021) pagi tadi. Kedatangan Vaksin tersebut dikawal satuan Brimob dan TNI AU Bandar El Tari Kupang.


Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Ema Simanjutak, mengatakan vaksin yang tiba berjumlah 13.200 dengan berat 7 koli.


Saat ini, pihaknya tengah menunggu instruksi lanjutan untuk segera mendistribusikan vaksin di seluruh kabupaten/kota di NTT.


“Rencananya, vaksin tahap pertama ini diperuntukan bagi tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit dan puskesmas yang jumlahnya mencapai 6.600 orang,” ungkapnya.


Ia menambahkan, pihaknya sudah mendata tenaga kesehatan yang perlu mendapatkan vaksin. 


“Para nakes tersebar di 378 puskesmas, 10 rumah sakit pemerintah, 2 rumah sakit swasta dan sisanya untuk klinik swasta yang sudah terverifikasi,” katanya.


Menurutnya setiap tenaga kesehatan akan mendapatkan dua kali kali dosis single vaksin.


“Ada 13.200 vaksin jadi dibagi dua maka ada sekitar 6.600 nakes yang akan divaksin,” terangnya.


Sebelum didistribusi, vaksin akan disimpan di gudang instalasi farmasi di Pulo Indah dan akan disimpan sesuai SOP penyimpanan vaksin dengan suhu ruangan 2-8 derajat.


“Perlakuan sama seperti penyimpanan vaksin sesuai SOP. Semua sudah kita siapkan,” tandasnya.