Iklan

 


Redaksi Flores Editorial
26 Jan 2021, 18.58 WIB
News

Waspada Cuaca Ekstrim di Sumba

 

Ilustrasi (pixabay.com)

Sumba, Floreseditorial.com – Cuaca ekstrim terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari curah hujan tinggi, hingga tingginya gelombang laut yang perlu diwaspadai oleh masyarakat.


Sekretaris Daerah (Sekda) Sumba Timur, Domu Warandoy, Selasa (26/1/2021), mengatakan, dengan adanya info cuaca ekstr dari BMKG, maka pemerintah meminta masyarakat agar tetap waspada. 


“BMKG menginformasikan adanya cuaca ekstrim di Sumba Timur secara khusus, dan di Sumba pada umumya. Untuk itu, saya meminta masyarakat setempat untuk waspada, dan para operator kapal laut juga diminta tetap mengikuti aturan dari BMKG,” terangnya.



Ia mengimbau, khusus bagi warga yang tinggal di daerah rawan longsor, maupun di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS), agar tetap waspada.


Lanjutnya, untuk pelayaran, meski sampai saat ini pelayaran masih berjalan, harus senantiasa waspada.


“Karena itu, kita minta para operator kapal supaya memperhatikan kondisi cuaca atau informasi dari BMKG. Begitu juga harus menaati aturan yang dikeluarkan oleh otoritas pelabuhan, sebelum berlayar,” jelasnya.



Sementara itu, data dari BMKG Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda, Sumba Timur, menyebutkan, saat ini, tinggi gelombang laut di perairan Sumba berkisar 0.5 hingga 4.5 meter.


Untuk kondisi tinggi gelombang di perairan Sumba, pada Selasa (26/1/2021), di Selat Sumba bagian barat berkisar 1.25 hingga 2.5 meter, Selat Sumba bagian timur berkisar 0.5 hingga 1.25 meter, Laut Sawu bagian utara dan Laut Sawu bagian selatan berkisar 1.25 hingga 2.5 meter. Sementara di wilayah perairan Samudera Hindia Selatan Sumba – Sabu, gelombang laut berkisar 2.5  hingga 4.0   meter.


Sementara untuk tinggi gelombang laut di perairan Sumba, pada Rabu (27/1/2021), di Selat Sumba bagian barat, Selat Sumba bagian timur, Laut Sawu bagian utara dan Laut Sawu bagian selatan, berkisar 1.25 hingga 2.5 meter. Sementara di wilayah perairan Samudera Hindia Selatan Sumba – Sabu, dengan tinggi gelombang laut diperkirakan mencapai 2.5 hingga 4.5 meter, berlaku mulai pukul 08.00 sampai 20.00 Wita.


Sedangkan kriteria tingkat bahaya tinggi gelombang yakni, untuk tinggi gelombang 1,25 - 2 meter dapat berbahaya bagi perahu nelayan, tinggi gelombang antara 2 - 3 meter dapat berbahaya bagi perahu nelayan dan tongkang, tinggi gelombang antara 3 - 4 meter sangat berbahaya bagi perahu nelayan, tongkang dan Kapal Ferry, sedangkan tinggi gelombang di atas 4 meter berbahaya bagi semua jenis kapal.