Iklan

Ephianus Yudhivan Aris| <br>Penulis<br>
17 Jan 2021, 22.07 WIB
Wisata

Watu Pajung, Pantai Berpasir Putih di Utara Manggarai Timur

 

Pantai Watu Pajung

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Wisata pantai merupakan jenis wisata yang paling banyak digandrungi pelancong dunia.

Belum lengkap rasanya, kalau tidak memasukkan wisata pantai ke dalam list wisata anda. Pasalnya, daya tarik yang ditawarkan wisata ini, bukan cuma soal menyaksikan birunya laut yang menentramkan jiwa, eloknya warna-warni pasir yang memanjakan mata, derasnya volume ombak yang memicu adrenalin, atau karang-karangnya, yang berbentuk aneka motif yang terkadang mengundang decak kagum, serta aktivitas menyelam dan menyaksikan indahnya biota laut, seperti ikan dan terumbu karang yang begitu menyenangkan.


Wisata yang identik dengan laut ini, menyimpan sejuta pesona dan misteri yang tak akan ada habisnya untuk diselami. 


Berbicara tentang wisata pantai, Kabupaten Manggarai Timur, sangatlah kaya akan wisata jenis ini. Pesisir Selatan dan Utara daerah ini menjadi kiblat akan jenis wisata yang satu ini.


Dari sekian banyak pantai yang ada di Manggarai Timur, ada sebuah pantai di pesisir Utara daerah ini yang terkenal akan warna pasirnya yang putih, dan jejeran karangnya yang mengagumkan. Pantai tersebut bernama Watu Pajung.


Ya, Watu Pajung adalah pantai berpasir putih yang terletak 5 kilometer di sebelah timur Pota, yang menawarkan atraksi pantai yang indah. Woww...  kerennn !!!


Pantai Watu Pajung, Memiliki hamparan pasir putih yang indah di sepanjang pantai, dan karang-karang laut, yang berdiri anggun dan kokoh membelakangi perbukitan hijau  yang ditumbuhi pepohonan. Sungguh mengagumkan!!!


Di bagian timur pantai Watu Pajung, terdapat padang yang cukup luas, dan di bagian barat terdapat lahan persawahan milik warga setempat yang memanjakan mata. 


Satu lagi daya tarik yang dimiliki pantai  ini yang dijamin membuatmu terpesona. Panorama matahari terbenamnya yang sangat menakjubkan. Menyaksikannya bersama pasangan pasti sangat romantis...


Perpaduan alam nan indah ini, membuat Watu Pajung sangatlah menakjubkan. Dinamai Watu Pajung karena, di tepi pantai terdapat sebuah batu karang yang berdiri menghadap ke laut, menyerupai payung yang sedang mengembang. Sungguh tak dapat dipercaya!!!


Jadi, Secara harafiah berarti Batu Payung atau batu yang menyerupai payung.

Batu karang yang menyerupai payung


Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung yang datang dari arah barat melalui Labuan bajo, akan  menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan melintasi jalan trans flores selama 4 jam hingga ke kota Ruteng. Dari kota ini, arahkan kendaraan menuju utara, yakni menuju Reo melalui jalan negara Ruteng-Reo dengan waktu tempuh 2 jam.


Setibanya di Reo, terus berkendara menuju Pota, melintasi jalan indah pantai utara dengan waktu tempuh 30 menit. Sementara, bagi pengunjung yang datang dari arah timur, baik melalui Maumere dengan waktu tempuh 9 jam, dari Ende  dengan waktu tempuh 7 jam, dan dari Bajawa dengan waktu tempuh 4 jam, akan menempuh perjalanan darat melintasi jalan trans flores menggunakan kendaraan hingga tiba di kota Borong. 


Dari kota ini, berkendara terus menyusuri jalan trans Flores selama 30 menit, hingga tiba dipertigaan Bealaing. Dari pertigaan ini, berkendara terus menuju Watunggong, melewati jalan provinsi Ruteng-Elar selama kurang lebih 40 menit, dan selanjutnya menuju Lengko Ajang hingga tiba di Pota. 


Sampai di Pota, berjalan lurus menuju timur dengan jarak tempuh 5 kilometer, hingga akhirnya kamu menemukan pantai ini. Selamat menikmati !!


Lantaran tangan pemerintah belum menjamah sampai ditempat ini, jadi pantainya masih sangat alami, dan tentunya Fasilitas-fasilitas penunjang juga belum tersedia dikawasan ini. Tapi tenang, tempat ini masih dijamin aman loh. Karena adanya pemandu lokal yang akan memandumu saat berkunjung ke tempat ini.


Mengingat belum adanya pungutan biaya ditempat ini, jadi anda cukup membayar sukarela pemandu wisatanya. 


Bagi yang datang dari jauh, dan membutuhkan penginapan, disarankan untuk memesan penginapan di Pota yang jaraknya tidak jauh dari kawasan ini.


Bagi kamu yang menyukai pantai berpasir putih, beserta jejeran karang-karangnya yang mengagumkan, serta ingin menyaksikan panorama matahari terbenam yang menakjubkan , ayo datang ke pantai Watu Pajung