Iklan

 


Redaksi Flores Editorial
15 Feb 2021, 15.32 WIB
HeadlineHukrim

Besok Kejari Manggarai Periksa Yoseph Tote

Yoseph Tote, mantan Bupati Kabupaten Manggarai Timur Periode 2008-2019. (Foto: Ist)





Manggarai, Floreseditorial.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggarai telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Bupati Manggarai Timur (Matim) Periode 2008-2019, Yoseph Tote, pada Selasa (16/2/2021) besok.


Kasie Pidum Kejari Manggarai, Sendhy Pradana, kepada floreseditorial.com, menjelaskan, pemeriksaan terhadap, Yoseph Tote, akan dilakukan di Kantor Kejari Manggarai.


“Kalau sesuai jadwal, rencananya besok (Selasa, 16/2/2021), pukul 10.00 WITA,” kata Sendhy.


Menurutnya, pemanggilan terhadap mantan orang nomor satu di Kabupaten Matim itu, terkait dugaan korupsi Proyek Tambatan Perahu di Pota, Kabupaten Matim dan sederetan proyek bermasalah lainnya di kabupten tersebut, seperti Terminal Kembur.


“Ini tahapannya masih pengumpulan data dan keterangan,” tukas Sendhy.


Untuk diketahui, Kejari Manggarai menemukan sejumlah kejanggalan dalam Proyek Tambatan Perahu di Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Matim itu.


Penelusuran pihak Kejari Manggarai baru-baru ini, menemukan adanya indikasi ketidakberesan dalam proyek yang dibangun di masa pemerintahan, Bupati Yoseph Tote, di tahun 2012 silam itu.


Kepala Kejari Manggarai, Yoni P. Artanto, melalui Kasie Pidum, Sendhy Pradana, dalam keterangannya kepada Wartawan beberapa waktu lalu, menuturkan, pihaknya telah mendatangi lokasi proyek pembangunan tersebut  dan menemukan kondisi yang memprihatinkan.


"Setelah kami cek kondisinya dua Minggu yang lalu, itu kondisinya sangat memprihatikan juga,” terang Sendhy, Senin (1/2/2021).


Tak hanya itu, pihak Kejari Manggarai juga menemukan fakta bahwa sejak tambatan perahu tersebut dibangun, tidak ada kapal yang berlabuh di sana.


“Tidak ada kapal ataupun perahu yang sandar di sana. Kondisinya pun sangat memprihati, banyak bangunan yang rusak,” ungkapnya.


Selain Proyek Tambatan Perahu di Pota, polemik terbengkalainya mega proyek pembangunan Terminal Kembur yang terletak di wilayah Kembur, Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong, juga tengah ditelisik pihak Penyidik Kejari Manggarai di Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Pihak Penyidik Kejari Manggarai pun telah memanggil sejumlah Pejabat Daerah di Kabupaten Matim, untuk menggali informasi awal terkait sejumlah kasus tersebut.