Iklan

 




Rian Laka
16 Feb 2021, 17.02 WIB
News

Bupati Ende Lantik 110 Pejabat, Ketua PMKRI: Pemerintah Melangkahi Aturan Prokes

 
Ketua PMKRI Cabang Ende, Erik Rome. (Foto: Ist)


Ende, Floreseditorial.com - Di tengah pandemi covid-19 saat ini, seluruh kalangan masyarakat tanpa terkecuali, baik individu atau kelompok, dianjurkan Pemerintah untuk menjalankan aktivitas dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes).


Masyarakat lapisan bawah dianjurkan mematuhi Prokes secara ketat. Namun sayangnya, Pemerintah di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende, dalam agenda Pelantikan 110 orang Pejabat di Kantor Dinas P dan K Ende, pada Senin (15/2/2021), dinilai gagal dalam menerapkan Prokes tersebut.


Hal itu diungkapkan Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ende, Erik Rome, kepada media ini, Selasa (16/2/2021). 


Menurutnya, proses pelantikan 110 orang Pejabat yang terdiri dari Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas itu, terlampau padat dengan mobilitas manusia, sehingga Prokes pun terabaikan.


"Pemerintah anjurkan masyarakat patuhi Prokes, kurangi mobilitas. Namun Pemerintah sendiri yang melangkahi lagi ajuran itu. Itukan aneh," ungkap Erik Rome.


Ia menuturkan, di tengah pandemi covid-19 yang semakin tidak terprediksi ini, Pemerintah harusnya bertindak lebih konkrit, tepat, dan bijak dalam hal penegakan Prokes, termasuk di lingkup Pemerintahan sendiri.


"Apalagi jumlah 110 orang Pejabat itu bukan sedikit, melainkan sangat banyak. Dengan sebanyak itu, dipaksakan lagi berkumpul satu ruangan demi menjawabi pelantikan. Pemerintah semakin aneh-aneh saja," beber Erik.


Ia menjelaskan, dalam Prokes jelas disampaikan bahwa untuk mencegah wabah covid-19, maka 5M yakni, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas harus dilaksanakan dengan ketat.


"Tetapi kalau yang lain dipertegas, sementara mobilitas tidak dipertegas, maka akan berdampak buruk terhadap mewabahnya virus covid-19," tukasnya.


Diberitakan media ini sebelumnya, Bupati Ende, Djafar H. Achmad, mengukuhkan dan melantik 110 Pejabat yang terdiri dari Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berlangsung di Aula Pertemuan Dinas P dan K Kabupaten Ende, pada Senin (15/2/2021).