Iklan

 


Rian Laka
6 Feb 2021, 11.51 WIB
Covid-19

Cegah Penyebaran Corona, Komunitas Aparatas Bagi Masker di Kota Ende

Komunitas Aparatas Kabupaten Ende saat melakukan aksi bagi-bagi masker untuk pengguna jalan di Kota Ende. (Foto: Rian Laka)


Ende, Floreseditorial.com - Demi mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 yang semakin meningkat, Anak Patimura Atas (Aparatas), Kelurahan Potulando, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan giat pembagian masker di ruas Jalan Patimura Ende. 


Ketua Aparatas, Evan Rero, kepada media, Sabtu (6/2/2021), mengatakan, masker yang akan dibagi berjumlah 350 pcs, menyasar para pejalan kaki, pengendara roda dua, maupun pengendara roda empat yang tidak menggunakan masker.


“Giat kali ini merupakan gerakan kali kedua Aparatas Ende, dalam pembagian masker. Mengingat sebelumnya pada bulan Desember 2020, Aparatas juga melakukan giat pembagian masker,” ujar Evan.


Ia menyampaikan, tujuan dari kegiatan tersebut guna membangkitkan kesadaran masyarakat Kabupaten Ende, untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), melalui gerakan sadar 5M. 


Evan berharap, kepada para pejalan kaki, pengendara roda dua maupun roda empat, umunya masyarakat, harus tetap menggunakan masker. Karena, hal tersebut merupakan pencegahan paling dasar yang harus dimulai dari diri sendiri.


“Langkah pencegahan seperti yang dianjurkan pemerintah terkait patuhi prokes melalui gerakan sadar menjalankan 5M yakni, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas,” tegas Evan.


Senada, Koordinator Aksi Aparatas Ende, Jhoni Lopes, mengatakan, pembagian masker tersebut bukan hanya sekadar kegiatan asal gerak, tetapi menjadi hal yang sangat bermanfaat dalam mencegah penularan virus corona.


“Kegiatan ini bukan sekadar kegiatan asal gerak, karena Aparatas sangat peduli terhadap gejala virus yang mematikan ini,” imbuhnya.


Sementara itu, salah seorang pengendara, Leo Longga, warga Ponegoro, menyampaikan terima kasih dengan dilaksanakannya aksi tersebut, karena sangat membantu masyarakat pada umumnya.



“Terima kasih kepada Aparatas Ende atas aksi yang dilakukan hari ini. Karena melalui kegiatan gerakan sadar prokes, yang salah satunya gerakan pembagian masker, akan sangat bermanfaat bagi kami masyarakat Ende,” terang Leo.


Terpisah, Bupati Ende, Djafar Achmad, beberapa waktu lalu, saat diwawancara media Ini, mengatakan, pada dasarnya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende tetap memberikan apresiasi kepada seluruh gerakan pemuda yang peduli pada pencegahan dan penanganan virus corona ini.


"Terima kasih kepada seluruh pemuda dan pemudi Ende yang selalu peka dan tanggap dalam menggelar kegiatan bermanfaat, guna mencegah penyebaran virus corona di daerah Ende," ungkapnya.


Ia mengimbau, kepada masyarakat agar tetap mematuhi prokes melalui gerakan 5M, agar Kabupaten Ende dapat terhindar dari penularan virus corona.