Iklan

Rian Laka
26 Feb 2021, 12.14 WIB
News

Cegah Penyebaran Covid-19 di Ende, Warga Indonesia di Australia Salurkan Bantuan

 
Penyerahan bantuan secara simbolis dari pihak keluarga kepada Pemerintah Desa Detusoko Barat. (Foto: Rian Laka)


Ende, Floreseditorial.com – Program Kampung Tangguh Desa Detusoko Barat, di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (Ende), mendapatkan dukungan dan bantuan dari pasangan suami istri (pasutri) asal Indonesia di Australia, Yakobus Too Nay dan Ana, berupa 500 pcs masker dan 150 hand sanitizer.


Alexius Puu Nay, perwakilan keluarga yang menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Detusoko Barat, yang berlangsung di depan Posko Kampung Tangguh Desa Detusoko Barat, Jumat (26/2/2021) pagi, berharap agar masyarakat selalu mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19, agar terhindar dari virus mematikan itu.


“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan 1.000 warga Detusoko, dalam mendukung Kampung Tangguh. Serta sebagai warga negara baik, harus mencintai kampung halamannya, membantu memikirkan solusi tentang pandemi yang ada, khusunya warga Detusoko Barat. Dan mengharapkan kepada Aparat RT/RW bisa membagi bantuan sesuai dengan kebutuhan warga, dan dipantau langsung oleh Ketua Posko Kampung Tangguh Desa Detusoko Barat,” ujar Kanit Binmas Polsek Detusoko, Daniel Dala, saat penyerahan bantuan tersebut.


Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Detusuko Barat, Yovinus Retu, memberikan tanggapan positif atas bantuan dari warga Indonesia di Australia itu. Pihaknya merasa bersyukur dan berterima kasih, atas bantuan tersebut. Ia berharap, masker dan antiseptik yang diberikan dapat membantu dalam memutus rantai penularan covid-19 di Desa Detusoko Barat. 


Senada, Kepala Dusun (Kadus) Woloone, Rovinus Simon Mae, menyampaikan terima kasih atas bantuan itu, terutama karena telah membantu 63 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Woloone.


“Terima kasih kepada warga Australia yang sudah membantu memberikan masker dan hand sanitizer untuk warga Detusoko Barat, dan juga membantu kami yang ada di dusun dengan jumlah 63 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Woloone. Kami sebagai Kepala Dusun, mengimbau kepada masyarakat agar menjaga jarak, mengikuti Protokol Kesehatan,” terang Rovinus.


Di lain pihak, Kepala Desa (Kades) Detusoko Barat, Ferdinandus Watu, dalam acara penyerahan, memberikan apresiasi kepada warga negara Indonesia yang ada di luar negeri, yang ikut prihatin dan peduli dengan keluarga dan warga di Detusoko.


"Ini sebuah kontribusi yang luar biasa untuk 211 KK di Detusoko, dengan jumlah warga 755 jiwa. Kami akan membagikan hand sanitazer per KK, begitu juga dengan masker. Bantuan ini sangat mendukung untuk pencegahan covid-19. Kampung Tangguh Covid -19 adalah tanggung jawab bersama, bantuan ini wujud sebagai gerakan 1.000 Warga Desa Dukung Kampung Tangguh, baik untuk warga yang ada di Detusoko, maupun warga yang ada di luar Detusoko Barat,” jelas Ferdinandus.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kades Detusoko Barat, Ferdinandus Watu dan jajarannya, Ketua BPD Desa Detusoko Barat, para Kepala Dusun, Kanit Binmas Polsek Detusoko, Daniel Dala, serta perwakilan masyarakat.